Bupati Pakpak Bharat Bantu Korban Puting Beliung

- detikNews
Rabu, 27 Mar 2013 02:39 WIB
Bupati Pakpak Bharat Beri bantuan / Khairul (detikom)
Medan, - Lebih sepakan setelah bencana, bantuan terus disalurkan untuk 107 keluarga korban puting beliung di Pakpak Bharat, Sumatera Utara (Sumut). Pada Selasa (26/3/2013), bantuan disampaikan langsung oleh Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu.

Saat meninjau lokasi bencana di Desa Tanjung Mulia dan Desa Mbinalun, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Remigo menyatakan pihaknya akan terus berupaya membantu para korban bencana. Sejumlah fasilitas untuk korban bencana seperti sarana kesehatan akan tetap dibuka jika memang dibutuhkan.

Saat bersamaan, warga juga diajak untuk bangkit dari kedukaan. Bersama membangun kembali kehidupan mereka.

"Mari bersama dan bergandengan tangan meninggalkan kesedihan. Saya yakin kita pasti mampu membangun kembali kehidupan yang lebih baik pascamusibah ini,” kata Bupati Berutu saat bertemu dengan para korban.

Dalam kesempatan itu, salah seorang warga memohon agar diberi keringanan bagi masyarakat desa mereka dalam memperoleh kayu. Dengan begitu mereka dapat membangun kembali rumah-rumah mereka yang hancur.

Bupati menyambut baik usul tersebut. Dia berjanji akan membicarakan secepatnya kepada pihak terkait, sehingga masyarakat tidak dipersulit dalam mendapatkan kayu-kayu yang akan digunakan sebagai bahan bangunan dalam mendirikan rumah mereka.

Dalam kunjungan ini Bupati Remigo memberikan bantuan berupa uang tunai dan peralatan memasak bagi masing-masing keluarga yang tertimpa musibah. Kemudian ada juga bantuan sembako seperti minyak goreng, ikan kaleng, dan termasuk juga bahan-bahan bangunan. Selain itu ada juga bantuan bagi anak-anak sekolah seperti buku-buku pelajaran dan alat tulis.

Usai meninjau kondisi bencana, Bupati Berutu kemudian menutup secara resmi posko bencana puting beliung karena masa tanggap darurat sudah selesai. Dikatakannya, apabila masih diperlukan seperti posko kesehatan dapat dihadirkan kembali sesuai kebutuhan.

Bencana puting beliung itu terjadi pada Senin (18/3/2013) sore, sekitar pukul 17.00 WIB. Setidaknya 87 rumah warga rusak berat dan ringan dalam kejadian ini. Selain itu kerusakan juga terjadi pada dua fasilitas umum, yakni kios Pekan Nanjombal, Dusun Pelangki Raya, Desa Mbinalun, dan Balai Desa Mbinalun.

(rul/mpr)