Lily Wahid dan Gus Choi, Loyalis Gus Dur yang Dipecat PKB dari DPR

- detikNews
Rabu, 20 Mar 2013 10:25 WIB
Jakarta - Di masa kepemimpinan Abdurrahman Wahid, sang adik Lily Wahid adalah salah satu politikus yang disegani. Demikian juga Effendi Choirie (Gus Choi) yang menjadi salah satu motor PKB kala itu. Kini keduanya dipecat PKB dari DPR.

Rencananya siang ini pimpinan DPR akan mengeksekusi Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Lily Wahid dan Gus Choi. Hadir atau tidak, keduanya akan diberhentikan sebagai anggota DPR RI yang terhormat. Penggantinya pun sudah disiapkan.

Lily dan Gus Choi adalah sejarah kelam dari kedigdayaan parpol di DPR. Sebagai anggota DPR yang dipilih langsung oleh rakyat, ternyata Lily dan Gus Choi bisa diberhentikan oleh partai, meskipun tidak tersangkut kasus korupsi.

PKB memang telah menyampaikan alasan pemecatan Lily Wahid. Alasan pemecatan bukan soal keterlibatan dalam kasus korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), tapi karena dianggap membangkang perintah partai.

"Bahwa alasan kok dipecat kenapa, saya rasa semua sudah tahu. Mana ada anggota DPR dari PKB tapi malah menjelek-jelekkan dan menohok partai. Saya rasa hal ini berlaku bagi siapa pun di organisasi mana pun," kata Sekjen PKB Imam Nahrawi saat berbincang, Rabu (20/3/2013).

Gus Choi dan Lily Wahid sebenarnya telah menyadari alasan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menendangnya dari DPR. Keduanya merasa dianggap menentang perintah partai yang didirikannya tersebut.

"Karena saya dan Bu Lily selalu berseberangan. Dulu saya ajukan hak angket mafia pajak dan angket Bank Century. Dari dulu fraksi memang sudah tidak suka," kenang Gus Choi.

Tentu saja keduanya tak tinggal diam. Lily dan Gus Choi bersiap mengajukan gugatan ke MA. Keduanya pun bersiap keluar dari PKB. Ke mana keduanya akan berlabuh pasca ditendang PKB dari DPR, masih belum pasti.

Barangkali ada pelajaran yang bisa dipetik bahwa kedigdayaan parpol sungguh luar biasa dan mencopot anggota DPR yang telah dipilih rakyat. "Tapi saya nggak pernah kapok membela rakyat. Walaupun klise, tapi niat saya memang itu. Bisa memilih partai lain yang independen," pungkas Gus Choi menerawang masa depannya setelah didepak PKB dari DPR.

(van/nrl)