Pilgub Jateng

Maju dari Parpol Lain, Cagub Hadi Prabowo Ucapkan Terima Kasih ke PDIP

- detikNews
Rabu, 06 Mar 2013 04:00 WIB
Pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono. (Angling/detikcom)
Semarang - Dengan diusung enam partai politik, pasangan Hadi Prabowo (HP) dan Don Murdono resmi terdaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur 2013 pada detik-detik terakhir penutupan pendaftaran Pilgub Jateng.

Berkas dari pasangan Hadi-Don Murdono dinyatakan lengkap oleh KPU Jateng setelah diperiksa selama kurang lebih 30 menit. Enam partai yang mengusung yaitu PKS (10 kursi), PKB (sembilan kursi), PPP (tujuh kursi), Gerindra (sembilan kursi), Hanura (empat kursi) dan PKNU (1 kursi) sudah memenuhi syarat perolehan kursi.

Usai melakukan proses pendaftaran, Hadi menyampaikan terima kasihnya kepada PDIP walaupun ia tidak memperoleh rekomendasi dari partai berlambang moncong putih itu.

"Pada kesempatan inilah kami menyampaikan ucapan terima kasih terhadap PDIP yang telah memberikan support kepada kami, terima kasih telah mengusung kami di awal-awal," kata Hadi di aula 1 gedung KPU Jateng, Jalan Veteran Semarang, Selasa (5/3/3013).

Ia menambahkan pihaknya sempat mengatakan dirinya akan tetap maju Pilgub lewat PDIP, namun setelah itu ia mengimbau jika ada partai yang simpatik maka disarankan untuk memberikan dukungan kepadanya agar maju ke Pilgub Jateng.

"Manakala ada partai yang simpatik pada kami, saya sarankan untuk memberikan dukungan. Dan pada akhirnya ada kebersamaan, dengan ada penetapan tersebut ada support dari enam partai," ucap incumbent Sekda Jateng itu.

Sementara itu Don Murdono menyampaikan, perubahan posisi yang diinginkan yaitu menjadi cagub saat mendaftar melalui PDIP namun sekarang bergeser mendampingi Hadi menjadi wakil gubernur adalah hal biasa dalam dunia politik.

"Itu dinamika," tegas pria yang menjabat sebagai bupati Sumedang itu.

"Mendadak sore tadi ditelepon Pak HP dan rekan untuk maju," imbuhnya.

Hingga penutupan pendaftaran Pilgub Jateng 2013, diketahui hanya tiga pasang yang terdaftar yaitu pasangan Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo yang diusung oleh koalisi Partai Demokrat, Partai Golkar dan PAN. Kedua adalah Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko dari PDIP, sedangkan yang terakhir adalah HP-Don Murdono.

(alg/rmd)