Polisi Surakarta: Tembakan Hanya untuk Peringatan Bubarkan Sweeping Ormas

- detikNews
Minggu, 03 Feb 2013 04:22 WIB
Jakarta - Polisi memperjelas informasi mengenai penembakan di depan Gereja El Shaddai, Jl Sutan Syahrir, Widuran, Surakarta, Jawa Tengah. Suara penembakan yang didengar warga adalah tembakan peringatan polisi untuk membubarkan sweeping ormas.

"Tidak ada penembakan langsung, yang ada hanya tembakan peringatan," kata petugas piket Polresta Surakarta, Ipda Suhar saat dihubungi pukul 04.10 WIB.

Polisi membubarkan sweeping ormas sekitar pukul 00.30 WIB. Suhar menyebut ada satu anggota ormas yang terjatuh dari motor. "Tapi itu bukan karena penembakan, itu karena jatuh sendiri waktu dibubarkan (polisi)," tambahnya.

"Mereka ada 30-40 orang, sweeping anak-anak di kampung yang lagi minum minuman keras, kita bubarkan supaya nggak bikin resah," lanjutnya.

Sebelumnya, Deddy, saksi mata yang kebetulan melintas di lokasi mengatakan, peristiwa penembakan didahului dengan bentrok ormas dan warga. "Dengar-dengar ada yang ditembak," katanya saat dihubungi.

Menurutnya bentrok terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. "Kondisinya ramai karena banyak warga dan gang-gang ditutup sama warga," lanjut Deddy. Namun Deddy tidak bisa memastikan asal tembakan yang diduga mengenai salah satu orang.

Beberapa saat kemudian sejumlah personil polisi datang ke lokasi. Polisi juga mengeluarkan tembakan peringatan.



(fdn/fdn)