Pengacara Bantah Sembunyikan Kepulangan Rasyid dari RS Polri

- detikNews
Sabtu, 12 Jan 2013 03:54 WIB
Jakarta - Pengacara Rasyid Rajasa, Riri Purbasari Dewi, membantah bila kepulangan kliennya dari RS Polri terkesan disembunyikan. Riri menyatakan, langkah pihaknya dalam menghindari sorotan kamera wartawan adalah untuk menghindari Rasyid dari trauma baru.

"Hal ini berdasarkan rekomendasi untuk menghindari Rasyid dari pemicu trauma baru," kata Riri dalam pesan singkat yang diterima detikcom, Jumat (11/1/2013) malam.

Menurutnya, saat putra bungsu Menko Perekonomian Hatta Rajasa ini diserahkan orangtuanya kepada pihak kepolisian untuk diperiksa di Direktorat lalu Lintas Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu, Rasyid dikerumuni puluhan pencari berita.

"Dalam jangka waktu beberapa jam setelah menghadapi wartawan, kondisi fisik dan terutama psikis Rasyid turun drastis. Hal itulah yang ingin dihindari pada saat kepulangan Rasyid dari rumah sakit ini," ujarnya.

Riri menambahkan, berkas pemeriksaan Rasyid dalam kasus tabrakan maut di Tol Jagorawi awal Januari 2013 lalu dan menewaskan dua orang, dinyatakan lengkap.

"Berkas pemeriksaan sudah lengkap saat di rumah sakit, kan sudah perah diambil lagi BAP-nya dan setelah itu sudah dianggap cukup oleh penyidik," jelas Riri.

Usai keluar dari rumah sakit, Rasyid rencananya akan kembali kepada orangtuanya. Ini, kata Riri, sebagai bentuk rekomendasi tim dokter guna pemulihan psikis Rasyid.

"Karena akan jauh lebih baik bagi pemulihan kesehatan fisik dan psikis Rasyid jika dia berada di tengah lingkungan yang sudah dia kenal baik, yaitu lingkungan keluarganya," jelasnya.

"Kami dan keluarga sangat setuju dengan keputusan tim dokter tersebut. Perlu diingat penyakit fisik Rasyid sangat berhubungan dengan trauma psikisnya. Untuk penyembuhan komprehensif, penyebab utamanya, trauma psikis dulu yang harus disembuhkan," imbuh Riri.

(ahy/ahy)