Penyebab Terbakarnya UPS Bandara Soekarno-Hatta Diinvestigasi

- detikNews
Senin, 17 Des 2012 03:22 WIB
Bandara Soekarno-Hatta/ilustrasi
Jakarta - Terbakarnya Uninterruptible Power Supply (UPS) mengakibatkan matinya radar bandara Soekarno-Hatta ada Minggu (16/12) malam. PT Angkasa Pura II sedang menelusuri penyebab terbakarnya UPS tersebut.

"Hingga saat ini, kami masih melakukan investigasi untuk menelusuri penyebab rusaknya UPS," kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) II, Trisno Heryadi, kepada detikcom, Senin (17/12/2012).

Investigasi dipandang perlu mengingat saat ini sebenarnya AP II telah menggunakan UPS Cyberex sebagai transisi dengan UPS baru yang akan didatangkan pada pertengahan Januari 2012. UPS tersebut diproduksi di Jerman.

Sejumlah pihak memang bertanya-tanya terkait terbakarnya UPS tersebut. Wasekjen PPP yang juga Ketum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Nita Yudi, menilai investigasi diperlukan untuk memastikan penyebab terbakarnya UPS.

"Soal matinya radar Bandara Soekarno-Hatta apakah tidak ada kemungkinan sabotase, atau hanya technical error? " ujarnya melalui akun twitter @nitayudicenter.

Sebelumnya diberitakan pada Minggu (16/12) radar Bandara Soekarno-Hatta mati karena terbakarnya UPS sejak pukul 16.55 WIB. Akibatnya ada 64 penerbangan tertunda. Baru setelah pukul 19.30 WIB penerbangan normal kembali. Pihak AP II pun meminta maaf atas terjadinya insiden ini.


(van/van)