Hayono Isman: Demokrat Harus Siap Kalah di 2014

- detikNews
Kamis, 13 Des 2012 18:01 WIB
Jakarta - Partai Demokrat tak henti-hentinya diterpa persoalan politik dan hukum yang berdampak terhadap popularitas dan elektabilitas partai semakin meredup. Menghadapi kenyataan ini, partai berlambang bintang mercy itu harus siap jika kalah di pemilu 2014.

"Kita ini korban persepsi publik. Persepsi ini tidak selalu berdasarkan fakta. Ini risiko sebagai partai pemenang pemilu. SBY sudah menyatakan di Cikeas, Partai Demokrat harus siap mental kalau besok tidak lagi menjadi pemenang pemilu karena pukulannya terlalu berat yang dialami PD sekarang," ujar anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman dalam diskusi 'Refleksi Akhir Tahun dan Prediksi Politik 2013' di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Hayono mengatakan SBY akan bertahan sampai 2014. Karena itu menurutnya, wajar jika SBY akan menghadirkan pemerintahan yang solid dan sejuk di tengah politik yang memanas ini.

"Namun masalah bagaimana caranya, itu kita lihat nanti. Saya katakan Fraksi PD ini pendukung pemerintah. Tapi kalau ada yang salah, saya katakan laporkan.

Hayono mengatakan partainya siap menerima risiko apapun karena turunnya elektabilitas partai akibat berbagi masalah hukum yang menjerat kader-kadernya. Namun dia ingin menegaskan, penyimpangan yang dilakukan kadernya bukan lah terbanyak dibanding partai lain.

"Kita sedang alami bahaya masalah yang sangat berat karena demokrasi ini perlu pengorbanan. Sebagai contoh tidak bisa kita menurukan siapapun di partai. Kalau kita turun elektabilitasnya maka ya itu risiko. Tapi kalau kita jujur, kader yang menyimpang di PD itu ada, tapi bukan yang teratas. Kalau kita lihat statistiknya, maka akan kelihatan kita bukan teratas. Tapi karena itu persepsi publik terhadap kita partai pemenang, ya itu risiko sebagai partai pemenang," pungkasnya.

(rmd/mad)