Ratusan Mahasiswa Papua Rayakan HUT OPM di Yogya

- detikNews
Sabtu, 01 Des 2012 16:05 WIB
Yogyakarta - Dengan membawa berbagai spanduk, poster dan beberapa di antaranya mengenakan koteka, ratusan mahasiswa Papua Jawa-Bali menari-nari di perempatan kantor Pos Besar Yogyakarta. Aksi ini digelar oleh mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua untuk memperingati HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Aksi ini diawali dari asrama mahasiswa Papua di Jalan Kusumanegara, Yogyakarta dan dilanjutkan longmarch menuju perempatan kantor Pos Besar, Sabtu(1/12/2012).

Poster bintang kejora dibentangkan sambil menari mengelilingi peserta aksi lainya. Mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan 'Indonesia, Amerika Serikat dan PBB Segera Akui Kedaulatan West Papua pada 1 Desember 1961".

"Berbagai operasi militer yang dilancarkan, tidak akan bisa membungkam perlawanan rakyat Papua," kata koordinator umum aksi, Sonny Dogopia.

Dalam aksinya, mahasiswa ini menyuarakan tiga tuntutan yakni; 1 Desember 1961 bukan HUT OPM, tetapi hari kedaulatan West Papua; Indonesia dan PBB segera serahkan kedaulatan West Papua; dan stop klaim West Papua bagian Indonesia.

Aksi yang digelar dengan membuat lingkaran di tengah jalan membuat lalu lintas menjadi macet. Bahkan saat bubar dan kembali ke asrama mahasiswa di JL Kusumanegara, kemacetan juga belum terurai.
Aksi ini mendapat penjagaan ketat dari ratusan personel kepolisian. Beberapa personel TNI terlihat juga berada di lokasi. Mobil penyemprot gas air mata, kendaraan taktis terlihat disiagakan depan gedung BI tak jauh dari lokasi aksi.
(mok/mok)