DetikNews
Rabu 28 November 2012, 17:27 WIB

Menuju Pilpres 2014

Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto Tanggapi Hasil Survei LSI

- detikNews
Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto Tanggapi Hasil Survei LSI
Jakarta - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto angkat bicara soal kemunculan namanya dalam survei capres Lembaga Survei Indonesia (LSI). Sutarto kandidat capres potensial versi survei LSI.

\\\"Tentu saya ucapkan terimakasih bagi responden. Tentu itu merupakan salah satu tantangan untuk merealisasikan harapan itu,\\\" kata Sutarto usai pemaparan survei LSI di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (28\/11\/2012).

Sutarto lantas menyampaikan pemikirannya tentang perubahan di Indonesia. Dia berharap jika diberi kesempatan memimpin kelak bisa menegakkan hukum seadil-adilnya.

\\\"Negara ini negara hukum, bukan hanya sekadar semboyan, tapi negara hukum harus mampu kita tunjukkan dengan penegakan hukum secara baik. UU harus menyejahterakan rakyat. Karena saya tidak bangsa ketika bangsa ini menelorkan orang terkaya di dunia tapi di sisi lain masyarakat masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan,\\\" ungkapnya.

Survei LSI terkait tokoh potensial dan memiliki kualitas personal baru saja dipublikasikan. Jumlah responden yang disurvei sebanyak 223 opinion leader, 178 orang dipublikasikan namanya sebagai responden atau penilai. Setiap tokoh yang disurvei dinilai dengan sejumlah ukuran kualitas personal. Penilaian tiap item dengan skor antara 1-100.

5 Indikator kualitas personal yang dipertanyakan adalah penilaian bahwa tokoh bisa dipercaya, satu dalam kata dan perbuatan; tidak pernah melakukan atau diopinikan pernah melakukan KKN; tidak pernah melakukan atau diopinikan melakukan tindakan kriminal; diyakini mampu memimpin negara dan pemerintahan; dan dapat dipercaya mampu berdiri di atas semua kelompok atau golongan yang berbeda.

Berdasarkan kualitas personal tokoh-tokoh dengan nilai 60 atau lebih (lulus) menurut opinion leader adalah:

1. Mahfud MD 79
2. Jusuf Kalla 77
3. Dahlan Iskan 76
4. Sri Mulyani 72
5. Hidayat Nurwahid 71
6. Agus Martowardojo 68
7. Megawati Soekarnoputri 68
8. Djoko Suyanto 67
9. Gita Wirjawan 66
10. Chairul Tanjung 66
11. Endriartono Sutarto 66
12. Hatta Rajasa 66
13. Surya Paloh 64
14. Pramono Edhie Wibowo 64
15. Sukarwo 63
16. Prabowo Subianto 61
17. Puan Maharani 61
18. Ani Yudhoyono 60




(van/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed