5 Alasan Janggal Pembatalan Vonis Mati Bos Narkoba Hengky Gunawan

- detikNews
Kamis, 22 Nov 2012 15:13 WIB
5 Alasan Janggal Pembatalan Vonis Mati Bos Narkoba Hengky Gunawan

Dalam putusan tersebut tidak ada keselarasan antara pertimbangan dengan amar. Dalam pertimbangan di halaman 54 putusan bernomor 39 PK/Pid.Sus/2011 tertulis:

"Menimbang bahwa oleh karena pertimbangan Judex Facti (Pengadilan Negeri) telah tepat dan benar maka Mahkamah Agung mengambil alih putusan pertimbangan hukum Pengadilan Negeri tersebut sebagai pertimbangan Mahkamah Agung sendiri kecuali sekedar mengenai lamanya pidana yang dijatuhkan perlu diperbaiki sehingga amarnya berbunyi sebagaimana tersebut di bawah ini"

Meski dalam pertimbangannya MA berkehendak memperbaiki lamanya masa pidana pemilik pabrik ekstasi ini, ternyata dalam halaman 56 tertulis majelis hakim tetap menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara bagi Hengky. Amar putusan ini sama seperti amar putusan di PN Surabaya.

"Pertimbangan itu kan menunjukan majelis hakim akan mengubah hukuman mati, dan akan menggantinya tetapi lamanya hukuman bukan 15 tahun penjara. Sebab jika 15 tahun penjara, maka itu sama saja dengan putusan PN Surabaya. Ini kan aneh," ujar Mudzakkir.