Jokowi Targetkan Tahun 2013 Seluruh Rusun di Jakarta Dihuni

- detikNews
Senin, 12 Nov 2012 18:36 WIB
Rumah Susun Tanah Tinggi (Rustanti) dicat (dok. detikcom)
Jakarta - Sejumlah rumah susun (rusun) yang berada di wilayah ibukota Jakarta sudah diperbaiki dan dipercantik agar bisa dihuni. Ditargetkan tahun depan, semua rusun tersebut sudah diisi oleh warga yang membutuhkan.

"Rusun yang kosong, tahun depan itu harus diisi semuanya karena selama ini terbengkalai, banyak ditinggalin begitu. Jadinya rusak, pintu rusak, kloset hilang, kalau dibiarin terus maka bisa habis banyak," ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kepada wartawan di Rumah Makan Dapur Sunda, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (12/11/2012).

Menurut Jokowi, jika rusun-rusun tersebut terus dibiarkan terbengkalai maka akan berujung pada kehancuran. Dan ini berarti uang negara semakin banyak yang keluar untuk memperbaiki rusun yang hancur tersebut.

"Sekarang yang di Marunda sudah siap, sudah ada beberapa blok sudah siap ditinggali. Pokoknya harus diperbaiki, masuk perbaiki, masuk perbaiki," tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan target tersebut sudah bisa tercapai tahun depan. Tentu saja, dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas rusun yang memadai.

"Iya saya jamin itu, semuanya harus diisi, baik Jakbar, Jakut, Jakpus, itu semua. Dengan catatan, fasilitas sudah siap, seperti puskesmas, pasar, transportasi dan air di sekitar rusun," tegas Jokowi.

Dituturkan Jokowi, orang-orang yang benar-benar membutuhkan tempat tinggal berhak menghuni rusun-rusun tersebut. Jika ada warga yang tertarik, Jokowi mempersilakan untuk mendaftar ke Dinas Perumahan DKI Jakarta.

"Daftar ke Dinas Perumahan," tandasnya.

(nvc/nwk)