SBY Beri Penghargaan Bintang Adipurna kepada Presiden Korsel

- detikNews
Kamis, 08 Nov 2012 22:03 WIB
Bali - Presiden SBY memberi penghargaaan Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada Presiden Korsel Lee Myung-Bak. Penghargaan itu diberikan atas
kerjasama yang dilakukan antara Indonesia dan Korea Selatan selama ini.

"Pemberian tanda kehormatan bagi tokoh Republik Korea atas jasa-jasanya bagi Indonesia, saya nilai sangatlah tepat. Sesungguhnya kontribusi yang mulia bagi kemajuan hubungan baik kedua negara telah dimulai sejak yang mulia terlibat pembangunan jalan tol pada 1970 an," jelas Presiden SBY dalam sambutannya di Laguna Resort And Spa, Nusa Dua, Bali, Rabu (8/11/2012).

SBY mengatakan Presiden Lee Myung-Bak merupakan figur pendorong hubungan strategis kedua negara. Disetiap kesempatan, Indonesia-Korea
sering bertemu untuk membahas berbagai isu bilateral, regional maupun global.

"Hal ini cerminan kesungguhan komitmen kerjasama yang kokoh. Di era kepemimpinan yang mulia kedua negara telah menjadi mitra strategis," jelasnya.

Pada masa kepempiminan presiden Lee Myung Bak sejak 2008, telah ditandatangani sedikitnya 25 kesepakatan kerjasama indonesia-Korea diberbagai bidang termasuk ekonomi, pendidikan, ketenagakerjaan, energi, ristek, pertanian, perhutanan dan industri pertahanan. Di bidang ekonomi misalnya, nilai perdagangan Indonesia-Korea meningkat drastis dari 11 miliar dollar AS pada 2007 menjadi 30 miliar dollar AS pada 2011.

"Saya meyakini target yang kita sepakati bersama yaitu 50 miliar dollar AS pada 2015 dan 100 miliar dollar AS pada 2020 dapat dicapai," kata SBY.
Sementara itu Presiden Korsel Lee Myung Bak mengaku berterimakasih atas penghargaan yang telah diberikan. "Pemberian penghargaan ini merupakan kehormatan bagi saya. Saya mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada presiden SBY dan pemerintah Indonesia.
(mpr/ahy)