Tahanan Teroris Kelabui Penjaga Rutan Polda Metro dengan Pakai Cadar

- detikNews
Rabu, 07 Nov 2012 15:42 WIB
Jakarta - Roki Apris Dianto bin Nova Ganivianto, kabur dari Rutan Polda Metro Jaya. Cara dia kabur pun sangat unik. Dia berganti pakaian dengan pakaian wanita dan memakai cadar.

Roki melarikan diri pada Selasa (6/11) pukul 13.30 WIB, saat waktu besuk tahanan. Diduga seorang pembesuknya membawakan baju wanita dan cadar.

"Dia kabur pakai cadar hitam," bisik petugas yang enggan disebutkan namanya, Rabu (7/11/2012).

Roki ditahan di tahanan khusus teroris. Dia merupakan tahanan titipan Kejaksaan. Lokasi tahanan teroris sama dengan tahanan kasus narkoba. Tahanan itu dijaga 3 anggota Densus Brigadir S dan Brigadir BS, serta Briptu DP.

Nah, diduga para petugas itu tidak memeriksa seksama saat pembesuk datang. Untuk pengaturan pembesuk sepenuhnya diatur pihak Densus 88. Kemudian, saat jam besuk habis. Para petugas itu pun pergi. Setelah mereka pergi, seorang tahanan lain memberitahu petugas piket Rutan Polda. Roki kabur.

"Jam kaburnya tahanan itu masih jam kunjungan tahanan teroris dan itu di bawah tanggung jawab dalam pengawasan penuh petugas Densus Mabes Polri," terang petugas itu.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Suhardi Aliyus saat dikonfirmasi membenarkan soal kaburnya Roki dengan cadar. "Modusnya gunakan cadar," kata Suhardi Alius kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya.

(mei/ndr)