Kebakaran Pembangkit Listrik Tello Sulsel Dipicu Mesin Trafo yang Terbakar

- detikNews
Kamis, 01 Nov 2012 01:56 WIB
Makassar, - Kebakaran yang terjadi di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Tello milik PLN, Makassar, diketahui bersumber dari dua mesin trafo yang terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Kebakaran dimulai sekitar pukul 23.15 WITA, Kamis (31/10) malam. Api yang membumbung tinggi dan membakar ruang instalasi dan mesin trafo PLTD (sebelumnya disebutkan PLTU) Tello berhasil dipadamkan sekitar sejam lamanya oleh petugas Pemadam Kebakaran Makassar, yang menerjunkan 25 unit mobil pemadam.

"Yang terbakar dua mesin trafo pembangkit bertenaga diesel, satu di bagian luar dan satunya lagi di dalam ruangan, api berhasil dijinakkan sekitar sejam dengan kekuatan 90 personel petugas pemadam," ujar Imran Samad, Kadis Damkar Kota Makassar, saat ditemui detikcom di lokasi, Kamis (31/10/2012) malam.

Menurut petugas PLTD Tello, mesin diesel yang terbakar dapat menghasilkan listrik sekitar 12,5 megawatt. Dalam kawasan PLTD Tello sendiri, terdapat empat mesin pembangkit dengan total listrik yang dihasilkan sekitar 50 megawatt. Untungnya api tidak menyebar di bagian penyimpanan solar di ruangan lainnya.

Sementara itu, pihak PLN dan aparat kepolisian masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran. Sementara Humas PLN Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara, Yamin Lole masih enggan memberi keterangan terkait peristiwa ini, saat detikcom mencoba menghubunginya lewat telepon dan SMS.

Kebakaran ini berdampak pada padamnya listrik di beberapa kota dan kabupaten di Sulawesi Selatan. Hingga saat ini, beberapa kota dan kabupaten di Sulsel masih dalam kondisi gelap gulita.

(mna/nvc)