Megahnya Rumah Sekretaris MA Pemilik Meja Rp 1 Miliar

- detikNews
Selasa, 30 Okt 2012 10:47 WIB
Jakarta - Pagar setinggi dua meter warna hijau menutupi rumah berlantai dua di kawasan elite Jl Hang Lekir V, Jakarta Selatan. Dari luar, tampak rumah Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi yang cukup asri itu dipenuhi tanaman.

"Cari siapa? Kalau cari Bapak ke kantor saja," kata satpam rumah kepada detikcom yang hendak bertamu, Selasa (30/10/2012).

Rumah ini tepat berada di sudut perempatan menghadap ke barat. Di depan rumah terpasang beton besar supaya tidak ada kendaraan parkir di depan rumah. Sepanjang Jl Hang Lekir V berdiri bangunan serupa yang cukup megah.

Rumah Nurhadi ini hanya sepelemparan batu dari pusat belanja Senayan City. Di depan rumah tersebut terdapat taman dan sering untuk parkir kendaraan dinas Toyota Camry beserta kendaraan voorijder.

"Saya tidak terlalu kenal dengan pemilik rumah, kenalnya sama penjaga rumah dan ajudan-ajudannya," kisah seorang tukang parkir yang biasa mangkal di kawasan tersebut, Soleh.

Nama Nurhadi mencuat saat Ketua Muda MA bidang Pidana Khusus Djoko Sarwoko menyebut pejabat eselon I itu menyulap ruang kerja di MA dengan biaya sendiri. Bahkan seperangkat mejanya bernilai Rp 1 miliar.

"Itu meja, duitnya sendiri. Karena Nurhadi punya usaha sarang burung walet, bukan memakai anggaran MA. Nurhadi itu sudah berbuat banyak demi lembaga ini. Saya karena ikut membina Nurhadi, saya ikut sakit hati juga dia difitnah seperti ini," kata Djoko Sarwoko.

Merujuk pada data di sudut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di bagian informasi publik di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, yang diakses pada Senin (29/10) kemarin, tercantum nama Nurhadi sebagai penyelenggara negara yang wajib melaporkan kekayaannya.

Dalam data itu tertulis tanggal 6 Januari 2012 sebagai tanggal wajib lapor. Dan ternyata sampai data itu diakses pada hari Senin, atau 10 bulan berselang sejak dia wajib lapor, Nurhadi tercatat belum pernah melaporkan kekayaanya.

Hingga berita ini diturunkan, detikcom terus berusaha menghubungi Nurhadi baik telepon maupun SMS, tetapi belum mendapat jawaban. Nurhadi saat ini berada di Manado dalam rangka Rakernas MA.

(asp/nrl)