116 Warga di Desa Rantau Bayur Banyuasin Terkena Muntaber

- detikNews
Minggu, 28 Okt 2012 02:22 WIB
Banyuasin, - Wabah penyakit muntaber terjadi di Desa Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Tercatat ada 161 orang terserang muntaber, 3 di antaranya meninggal dunia.

"Ini kejadian luar biasa tercatat 161 warga yang terserang muntaber. Jika tidak segera diatasi dengan mengirimkan makanan dan minuman yang sehat, bukan tidak mungkin korban jiwa akan bertambah," kata Ketua Komisi V DPRD Sumsel Muhammad F Ridho usai mendampingi Kadis Kesehatan Ogan Komering Ilir, M Hakim menyerahkan bantuan air mineral, Sabtu, (27/10/2012) malam.

Warga mengalami muntaber diduga karena air yang dikonsumsi tidak bersih. “Sumber air minum mereka seperti sumur dan sungai tampaknya menjadi sumber serangan penyakit itu, sehingga tidak dapat dikonsumsi. Jadi pemerintah Banyuasin maupun Sumsel harus segera mengirimkan makanan dan minuman,” ujar Ridho.

Penyakit muntaber sudah dialami sejumlah warga selama tiga hari. Tiga korban meninggal adalah anak-anak yakni Romadhon bin Tabrani (6) warga dusun II, Vina Binti Samson (6) warga dusun IV dan Desi binti Suhardi (10) warga dusun IV Desa Rantau Bayur.


(tw/fdn)