Pemerintah Dampingi Proses Hukum 2 WNI yang Divonis Mati di Malaysia

- detikNews
Jumat, 26 Okt 2012 02:34 WIB
Foto: Ilustrasi
Jakarta - Dua WNI kakak beradik dari Kalimantan Barat Frans Hiu dan Dharry Frully Hiu divonis mati oleh pengadilan tinggi Malaysia. Pemerintah terus memantau dan mendampingi perkembangan kasus tersebut.

"Kita sudah membantu keberangkatan ibu yang bersangkutan ke Malaysia, namanya Ibu Hui, itu yang kita pertemukan dengan mereka," ujar Menakertrans Muhaimin Iskandar di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/10/2012).

Muhaimin mengatakan pengacara dari pemerintah Indonesia melalui KBRI di Malaysia juga terus membantu. "Memang harus didampingi terus. Didampingi secara hukum," imbuhnya.

Ketika ditanya apakah pihak Kemenakertrans mendorong Kemenlu untuk memberikan protes ke Malaysia, pria yang akrab disapa Cak Imin ini tidak menjawab dengan tegas.

"Ya tergantung kasusnya, dalam hal kasus ini kita akan minta tegas dari Kemlu supaya pemerintah Malaysia membantu kita," ungkap Ketua Umum PKB ini.

Cak Imin membantah informasi yang menyebut ada WNI/TKI yang akan dihukum mati di Malaysia sebanyak 150 orang sejak 1999-2012.

"Bukan TKI, mayoritas Narkoba, TKI kita hanya sebagian kecil. Yang Narkoba itu terbesar hampir 60 persen-75 persen," tutupnya.

(mad/mpr)