Satu Gerbong KA Prameks yang Terguling Berhasil Dievakuasi

- detikNews
Rabu, 24 Okt 2012 03:28 WIB
Sleman - Petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) bejibaku melakukan evakuasi gerbong yang anjlok dan terguling di Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Sampai dengan 02.00 Wib, Rabu dini hari, satu gerbong berhasil dievakuasi.

Pantaun detikcom di lokasi kejadian, proses evakuasi dilakukan sejak pukul 21.00 Wib, Selasa (23/10/2012). Sekitar pukul 02.00 Wib, Rabu (24/10/2012) petugas berhasil mengangkat Gerbong 3 yang terguling dari lajurnya dengan menggunakan crane.

Setelah berhasil mengangkat gerbong yang terjungkal dari jalurnya, petugas menempatkan gerbong kembali ke jalurnya. Masih ada dua gerbong yang tersisa untuk dievakuasi ke rel.

"Nanti akan dibawa ke arah timur, stasiun Prambanan," ujar Eko, Kepala Humas KAI DAOP VI, kepada wartawan di lokasi kejadian, Rabu (24/10).

Eko menambahkan, proses evakuasi tidak akan dihentikan agar jalur terebut dapat kembali digunakan kereta yang biasa melintasi jalur tersebut.

"Proses evakuasi akan terus dilakukan tanpa istirahat," ujarnya.

Proses evakuasi sendiri tidak begitu berjalan mulus. Ujung crane yang digunakan untuk mengangkut gerbong mengenai kabel telepon warga. Belum lagi kerumunan warga yang ada di sekitar lokasi dan ingin menonton proses evakuasi kereta.

Petugas harus berkali-kali mengingatkan warga agar menjauh dari garis polisi sehingga evakuasi dapat segera terselesaikan. Hingga saat ini, masih terlihat beberapa penduduk sekitar yang menonton proses evakuasi. Namun jumlahnya sudah tidak terlalu banyak sehingga tidak lagi mengganggu proses tersebut.

(ahy/ahy)