Tak Punya Tokoh, Partai Islam Sulit Berkembang

- detikNews
Jumat, 19 Okt 2012 03:03 WIB
Foto: Ilustrasi
Jakarta - Minimnya figur membuat partai Islam kesulitan berkembang. Padahal partai membutuhkan tokoh agar tetap mendapat dukungan masyarakat.

"Yang penting partai Islam harus punya tokoh, harus punya kemampuan mobilisasi massa terutama media," kata pengamat politik Saiful Mujani di Jakarta, Kamis (18/10/2012) malam.

Menurutnya partai Islam saat ini kekurangan tokoh termasuk untuk menghadapi pemilu presiden 2014. "Representasi orang Islam yang ada dulu Gus Dur, kedua mungkin Amin Rais. Masalahnya Amin dikotakkan dalam kelompok Islam tertentu. Jadi harus ada tokoh representasi Islam tapi juga bisa sangat luas diterima oleh berbagai kalangan," sambungnya.

Menghadapi Pilpres 2014, partai sebut Mujani harus segera menyosialisasikan calonnya. Di sini, peran media massa menjadi sangat penting. "Asal ada upaya tokoh tertentu dan bekerja dibantu disosialisasikan secara masif," tuturnya.

Untuk Pilpres 2014, Mujani menyebut sejumlah tokoh mulai banyak dibicarakan menjadi kandidat capres.

"Misalnya Surya Paloh karena dia punya partai baru atau Pak Hatta Rajasa. Tapi yang betul-betul baru adalah Pak Mahfud Md, bagaimanapun dia dekat dengan PKB dan pernah jadi anggota DPR," ujar dia.

(fdn/edo)