Tabur Bunga di Lanud Medan, Jurnalis Ancam Boikot Pemberitaan TNI AU

- detikNews
Rabu, 17 Okt 2012 15:55 WIB
Foto: khairul ikhwan/detikcom
Medan - Seratusan jurnalis dari berbagai media organisasi pers menggelar aksi unjuk rasa di bundaran Bandara Polonia, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terhadap tindak kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan perwira TNI AU Letkol Robert Simanjuntak terhadap sejumlah jurnalis di Riau.

Dalam aksinya, jurnalis menggelar konvoi di jalan protokol di Medan sambil membawa poster kecaman menuju Bundaran Bandara Polonia, Jl. Imam Bonjol, Rabu (17/10/2012) siang.

Selain berorasi, jurnalis juga mengumpulkan kartu pers dan alat liputan sebagai bentuk solidaritas kepada jurnalis yang mengalami tindak penganiayaan.

Usai menggelar aksi di Polonia, massa kemudian mendatangi rumah dinas Pangkosek Hanudnas III, Jl. Imam Bonjol, kemudian menabur bunga di depan markas Pangkalan TNI AU Soewondo Medan, dan berorasi juga di Pancuran Mandiri Medan.

Koordinator aksi, Ahmad Zulfikar Sagala mengatakan, aksi ini sebagai bentuk kecaman atas lemahnya pemahaman anggota TNI AU terhadap tugas dan tanggung jawab jurnalis dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Mereka juga mengecam tindakan penganiayaan yang dilakukan Letkol Robert Simanjuntak terhadap jurnalis yang sedang melakukan peliputan.

Para jurnalis juga mendesak Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) menjatuhkan sanksi tegas terhadap Letkol Robert Simanjuntak karena telah menganiaya jurnalis.

"Segera kembalikan alat liputan dan hasil liputan jurnalis yang dirampas, karena hasil liputan tersebut merupakan hak masyarakat untuk mendapatkan informasi," sebut Sagala.

Dalam tuntutannya, jurnalis di Medan juga mendesak Kasau dan pelaku Letkol Robert Simanjuntak meminta maaf secara terbuka atas kekerasan yang dialami jurnalis. Jika tuntutan tersebut tidak mendapat respons, jurnalis di Medan sepakat memboikot pemberitaan seluruh kegiatan di lingkungan TNI AU.

(rul/try)