ADVERTISEMENT

Ini Sebutan Medis Soal Munculnya 75 Jarum di Kaki Supiyati

- detikNews
Jumat, 28 Sep 2012 16:22 WIB
Foto: muhammad afifi/detikcom
Bantul - Ada 75 jarum, paku, dan kawat di kaki Supiyati (25). Berdasarkan diagnosa, tim medis menyimpulkan Supiyati mengalami dua penyakit sekaligus.

"Supiyati mengalami corpus alienum cruris multiple dan abces bilateral multiple," kata dr Sagiran dalam jumpa pers di RS Nurhidayah, Trimulyo, Jetis, DIY, Jumat (28/9/2012).

Corpus alienum cruris multiple merujuk pada benda asing di dalam tubuh dalam jumlah banyak. Benda-benda itulah yang kemudian dikeluarkan oleh tim medis. Sedangkan istilah kedua berarti luka nanah dalam jumlah banyak sebagai efek dari penyakit pertama.

"Tapi dari sisi non medis, ini memang penyakit aneh," kata dokter bedah yang juga pemilik RS tersebut.

Untuk itu, pihak RS tidak hanya menggunakan tindakan medis dalam menangani. "Kami memiliki metode yang kami sebut Hu Care atau Husnul Khotimah Care atau doa. Kami menggabungkan ini dengan tindakan medis," kata Sagiran.

Sagiran tidak bisa memperkirakan berapa lama Supiyati akan di RS. Tim medis berusaha memantau hasil pembedahan yang dilakukan Rabu (26/9/2012) lalu. Jika masih diperlukan tindakan medis atau non medis, maka pihak RS akan segera melakukannya.

Supiyati merasakan keanehan pada tubuhnya usai menikah pada Juni 2010 silam. Usai melangsungkan pernikahan, ia pingsan. Seminggu kemudian, tubuhnya terasa sakit dan mulai mengeluarkan jarum, paku, atau benda lainnya.

Perempuan asli Dlingo, Bantul, yang kemudian pindah ke Sumatera itu mengaku telah berobat secara medis dan alternatif, tapi tak menuai hasil. Akhirnya Supiyati pulang ke Bantul dan dioperasi di RS Nurhidayah, Bantul.

Pada operasi pembedahan, tim medis mengangkat 71 benda asing berupa jarum, paku berkarat, dan kawat. Meski berdasarkan foto scan tubuh Supiyati dinyatakan sudah bersih dari benda asing, hari ini, Jumat (28/9/2012), dua jarum dan dua kawat keluar lagi dari kaki Supiyati. Ke-4 benda tersebut keluar setelah ustaz dan keluarga membacakan ayat suci Alquran di RS. Total benda asing di kaki Supiyati mencapai 75 buah.


(try/nrl)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT