Pramono Anung: Ondos, Anggota Banggar DPR yang Sederhana

- detikNews
Senin, 24 Sep 2012 13:15 WIB
Kondisi mobil yang ditumpangi Ondos.
Jakarta - Anggota DPR RI Theodorus Jakob Keokerits (Ondos) meninggal dalam kecelakaan mobil di ruas jalan Tol Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Tak banyak yang tahu anggota Komisi I DPR ini juga anggota Badan Anggaran DPR. Namun demikian kesehariannya politisi PDIP dari jawa Timur ini tergolong sederhana.

"Ondos dua periode menjadi anggota dewan, Ondos ini sahabat saya sejak di ITB tahun 1982, jadi saya sangat mengenal Ondos, kehidupannya sangat sederhana. Dia menjadi anggota banggar sudah dua periode, tapi untuk renovasi rumah saja nggak bisa renovasi. Itu yang membuat saya sedih, yang akhirnya saya bantu," ujar wakil ketua DPR Pramono Anung kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, (24/9/2012).

Menurut Pram, bukan persoalan bahwa dirinya membantu Ondos. Tetapi ternyata masih ada seorang anggota DPR bahkan anggota banggar yang mempunya ideliasme seperti Ondos.

"Mungkin (Ondos) salah satu anggota banggar yang paling sederhana dan tidak pernah neko-neko, walaupun bisa dikatakan pemikiran dia tentang perbaikan banggar itu ada. Jadi tidak semua anggota banggar itu selalu dalam pola hidup yang sekarang bisa dikatakan menjadi sorotan publik," kenang Pram.

Selain itu, Pram juga mengatakan Ondos adalah anggota dewan yang rajin turun ke daerah pemilihan. Bahkan hampir tiap minggu Ondos turun ke daerah pemilihannya.

"Jadi ondos ini salah seorang anggota DPR yang hampir setiap minggu itu ke daerah pemilihan, jadi setiap hari jumat, sabtu dan minggu itu ke Dapil. Hari ini dia rencananya mengejar pesawat jam 6 pagi supaya bisa kembali ke Jakarta tapi di daerah Porong keliatannya supirnya mengantuk dan menabrak. Almarhum meninggal di rumah sakit," terang politisi PDIP itu.

Tak hanya itu, bagi kalangan internal PDIP, Ondos dikenal sebagai orang yang berada dibalik layar pemberitaan Megawati dalam pilpres 2004 dan 2009.

"Saya yakin teman-teman yang dekat dengan mbak Mega selama ini tahu tentang Ondos. Dia adalah orang yang berada di balik layar pemberitaan mengenai Megawati baik di Pilpres 2004 maupun di 2009," ucap Pram.

(bal/lh)