Foke Ancam Berikan Sanksi Pihak SMA Don Bosco Terkait Kasus Bullying

- detikNews
Sabtu, 28 Jul 2012 02:43 WIB
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo kecewa mendengar adanya siswa SMA Don Bosco yang mengalami penganiayaan oleh seniornya pada masa orientasi sekolah. Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, menegaskan akan memberikan sanksi kepada pihak sekolah dan pelaku penganiayaan tersebut.

"Itu kan nggak boleh karena bertentangan dengan aturan. Jadi masa orientasi siswa itu tidak seperti itu. Sudah pasti ada sanksi. Mungkin kepada yang bersangkutan siswanya yang melakukan itu dan juga para pimpinan sekolahnya," kata Foke usai shalat Jumat di Masjid As Sholihin, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Jumat (27/7/2012).

Wakil kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Agus Suradika, dihubungi terpisah soal penganiayaan tersebut menyampaikan hal yang senada. Menurut Agus, kekerasan fisik dan psikologis tidak diperlukan dalam proses pengenalan sekolah tersebut.

"Seharusnya tidak ada lagi tindak kekerasan baik pada masa orientasi siswa maupun pada kegiatan lainnya. Sebab, sekolah itu sebagai tempat menimba ilmu tanpa adanya kekerasan. MOS tetap perlu untuk mengenalkan peserta didik baru dengan lingkungan baru baik lingkungan sosial maupun fisiknya," papar Agus.

Agus mengatakan, pihaknya menyerahkan sanksi bagi para pelaku penganiayaan kepada pihak kepolisian. Sementara sanksi dari pihak sekolah diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah.

"Pihak sekolah maupun kepala sekolah harus membimbing dan mengawasinya. Bagi pelaku akan dikenakan sanksi pidana dan diserahkan pada pihak kepolisian. Sanksi dari sekolah dapat dikembalikan ke orang tuanya dan pindah ke sekolah lain," terang Agus.

Sebelumnya, siswa baru SMA Don Bosco Pondok Indah, Jakarta Selatan, melaporkan tindakan penganiayaan yang dilakukan seniornya dalam masa orientasi sekolah ke Polres Jakarta Selatan. Hal ini terungkap dari kicauan twitter yang menuliskan bahwa salah satu temannya siswa baru SMA Don Bosco disundut rokok oleh seniornya.

(vid/ahy)