Paus Terdampar, Nelayan Pantai Pakis Jaya Raup Ratusan Ribu Rupiah

ADVERTISEMENT

Paus Terdampar, Nelayan Pantai Pakis Jaya Raup Ratusan Ribu Rupiah

- detikNews
Jumat, 27 Jul 2012 18:40 WIB
Jakarta - Terdamparnya seekor paus di pantai Pakis Jaya, Karawang, Jawa Barat, ternyata membawa berkah tersendiri bagi para nelayan di pantai tersebut. Puluhan nelayan yang biasa mencari ikan di pantai yang terletak di ujung Karawang ini mendapat rezeki tambahan dari banyaknya masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan mamalia laut tersebut dari dekat.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan peristiwa langaka tersebut dari dekat, mereka harus merogoh Rp 5 ribu per orang untuk dapat menyewa kapal-kapal nelayan setempat.

"Lumayan, mas, sejak kemarin saya total udah hampir Rp 2 juta," ujar Jajang, salah satu nelayan yang menyewakan perahunya saat ditemui detikcom di Pantai Pakis Jaya, Jumat (27/7/2012).

Senada dengan Jajang, nelayan lainnya, Rosyid, juga mengaku dapat mengantongi duit Rp 500 ribu sehari yang didapatnya dari penyewaan kapal bagi masyarakat yang penasaran ingin melihat lebih dekat paus tersebut.

"Ini minat masyarakat banyak jadi saya sewain. Bisa buat tambah makan keluarga," ucapnya.

Namun, tingginya animo dari masyarakat untuk melihat paus dari dekat disesalkan oleh sebagian pihak. Terutama mereka yang berkepentingan untuk segera mengevakuasi paus sperma itu.

"Banyaknya masyarakat yang mendekat ini menjadi halangan tersendiri. Selain membuat kita jadi kesulitan melakukan evakuasi, juga kasian karena paus menjadi stres dengan bunyi mesin kapal," keluh salah satu tim SAR yang ikut dalam proses evakuasi paus tersebut.

Hingga saat ini evakuasi masih coba dilakukan. Evakuasi dilakukan oleh tim gabungan dari Kepolisian, SAR, dan dari Kementerian Perhubungan.


(riz/ahy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT