DetikNews
2012/07/18 16:21:32 WIB

Ini Dia 13 Selebritis yang Menjadi Anggota DPR

- detikNews
Halaman 1 dari 14
Ini Dia 13 Selebritis yang Menjadi Anggota DPR
Jakarta - Artis yang berpolitik di DPR menjadi fenomena pada Pemilu 2009 lalu. Mereka memiliki daya tarik tersendiri bagi pemilih. Kehadiran para artis di panggung politik itu disambut baik positif ataupun nyinyir karena berbekal popularitas belaka tanpa diimbangi kemampuan.

Pengamat politik Gun Gun Heryanto mengatakan hal itu merupakan cerminan partai politik yang pragmatis.

\\\"Partai di Indonesia memang belum terinstitusionalisasi sebagai partai modern, sehingga kerap pragmatis dalam proses distribusi dan alokasi SDM partai ke jabatan-jabatan publik seperti dalam penetapan caleg,\\\" kata Gun Gun kepada detikcom, Sabtu (5\/5\/2012).

Gun Gun menambahkan terdapat dua kelompok yang diuntungkan melalui sistem perekrutan tanpa kaderisasi. Mereka yang diuntungkan memiliki kekuatan untuk membayar transaksi politiknya dan mereka yang sudah memiliki basis massa semisal fans.

\\\"Kelompok kedua inilah yang disebut \\\'vote getter\\\' atau pendulang suara. Menurut saya banyaknya artis yang dicalegkan partai itu karena parpol yang belum menjadi institusi partai modern berbasis kader melainkan masih mengandalkan popularitas kelompok vote getter tadi,\\\" terang Direktur Eksekutif The Political Literay Institute ini.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed