Politisi Muda Golkar Diperiksa KPK Soal Pengadaan Alquran

- detikNews
Rabu, 18 Jul 2012 13:34 WIB
Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil kader muda Golkar Vasco Ruseimy. Ketua Gerakan Muda MKGR, organisasi sayap Partai Golkar, itu diperiksa seputar kasus dugaan korupsi pengadaan Alquran di Kementerian Agama (Kemenag).

Selain Vasco, saksi lain yang diperiksa atas nama Rizky. Dua pemuda ini tercatat masih berstatus mahasiwa.

"Vasco Ruseimy dan Rizky Moelyoputro, mahasiswa, dipanggil sebagai saksi," kata Kabag Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, melalui pesan singkatnya, Rabu (18/7/2012).

Vasco diketahui pernah tercatat sebagai caleg termuda dari Partai Golkar pada tahun 2009. Alumni Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) itu pernah maju sebagai caleg DPR RI dari daerah pemilihan VII Jawa Tengah dengan nomor urut 7.

Vasco juga tercatat sebagai Ketua DPP Generasi Muda (Gema) Ormas MKGR. Vasco telah dicegah ke luar negeri oleh Imigrasi atas permintaan KPK.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan dua orang tersangka dalam penyidikan kasus dugaan korupsi proses pembahasan anggaran pengadaan Alquran di Kemenag. Kedua tersangka itu adalah anggota Komisi VIII DPR Fraksi Partai Golkar, Zulkarnaen Djabar dan anaknya, Dendi Prasetya yang tercatat sebagai Sekjen Gerakan Muda MKGR.

(fjr/aan)