Terapkan Perda Anti Rokok, Satpol PP di Bali Razia Perokok

- detikNews
Selasa, 17 Jul 2012 02:06 WIB
Denpasar, - Pemberlakukan perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Bali mulai efektif dilakukan. Kali ini petugas Trantib dan Satpol PP Bali merazia sejumlah kantor pemerintahan untuk menjaring para perokok.

Kantor pemerintahan yang disasar adalah Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali, kantor Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perikanan dan Kelautan dan Dinas Pertanian di Jalan Supratman Denpasar.

"Untuk pelanggar kami proses karena melanggar Perda No 10 tahun 2011 tentang kawasan tanpa rokok," ujar Kasi Penegakan Hukum Satpol PP Bali, Ketut Pongres Language, kepada wartawan Senin (16/7/2012).

Dari razia ini petugas mengamankan beberapa bungkus rokok serta asbak rokok di ruang tamu kantor pemerintahanan tersebut. Petugas juga memergoki seorang tamu yang sedang merokok di areal KTR di kantor Dinas Pertanian Bali.

Petugas juga memintai keterangan pemilik kantin karena diketahui menjual rokok di areal KTR yakni kantor pemerintahan. Razia juga dilakukan di kantor Dinas PU Provinsi di Jalan Bintan Denpasar. Di kawasan ini petugas menemukan puluhan pak rokok di koperasi kantor.

Petugas menyita rokok tersebut dan memintai keterangan pejualnya. Dari keterangan penjual, rokok ini dijual hanya untuk menghabiskan stok saja agar tidak rugi.

"Kami sudah tahu ada perda KTR ini, makanya kami tidak membeli lagi, agar tidak rugi ya kami jual untuk menghabiskannya saja," kata seorang penjaga koperasi yang juga seorang PNS ini.

(gds/riz)