Sikapi Perdebatan Tari Tor-tor, PPI: Indonesia Bisa Belajar dari China

ADVERTISEMENT

Sikapi Perdebatan Tari Tor-tor, PPI: Indonesia Bisa Belajar dari China

- detikNews
Rabu, 20 Jun 2012 03:25 WIB
Jakarta - Perdebatan soal tari Tor-tor yang tengah dipertimbangkan Malaysia menjadi salah satu khazanah budaya perlu disikapi dengan bijak oleh Indonesia. Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, Zulham Effendi, menilai Indonesia bisa belajar dari China.

"Mari kita belajar dari China, bagaimana tarian Barongsai dan permainan Liong mereka ada di sebagian besar pelosok tanah air tanpa China melakukan protes. Kebudayaan China terus berkembang dan terus menyatu dalam kehidupan masyarakat setempat sehingga kebudayaan ini telah menjadi bagian dirinya. Diaspora China melalui kebudayaan telah memudahkan masyarakat setempat menerima etnis China," kata Zulham dalam rilisnya yang diterima detikcom, Rabu (20/6/2012).

Menurut Zulham, keterbukaan dalam kebudayaan akan membuat budaya Indonesia mudah diterima di luar negeri. Selain untuk syiar budaya, dalam kasus tari Tor-tor ini, Zulham mengatakan keterbukaan budaya juga merupakan aspirasi warga Mandailing yang tinggal di Malaysia.

"Mereka ingin membesarkan kebudayaan Mandailing ditempat mereka berada sekarang agar suatu saat nanti anak cucu mereka masih mengenal bahwa mereka berasal dari daerah yang berada di Indonesia.Ini juga merupakan bagian dari syiar budaya Indonesia," tutur pria yang juga Ketua Umum Forum Komunikasi Pelajar Internasional Asal Sumatera Utara itu.

Zulham juga menilai masalah yang timbul saat ini sebagai bagian dari kurang tanggapnya pemerintah dalam melindungi budaya lokal. "Pemerintah Indonesia yang harus melakukan evaluasi sejauh mana Pemerintah Indonesia mengapresiasi dan menghargai kebudayaan masyarakat yang ada," ujarnya.


(trq/gah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT