Eko Patrio: Anggota DPR Jangan Alergi dengan Budaya & Artis

- detikNews
Senin, 04 Jun 2012 13:54 WIB
Jakarta - Eko Hendro Purnomo atau yang dikenal dengan Eko Patrio menyatakan bahwa persoalan dengan BK DPR sudah selesai. Anggota Komisi X dari F-PAN Eko Hendro Purnomo atau yang dikenal dengan Eko Patrio menyatakan bahwa persoalan dengan Badan Kehormatan (BK) DPR sudah selesai.

"Sudah selesai. Itu kan acara tahun 2010, ada media online yang mengabarkan, saya masih isi acara," kata Eko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/6).

Kata Eko, kabar itu yang menjadi dasar BK memanggil dirinya. Namun setelah dijelaskan, semua sudah selesai. "Sekarang saya pure di DPR. Tapi saya harap anggota Dewan jangan alergi dengan budaya dan dengan artis, " katanya. ;

Sebelumnya, Ketua BK M Prakosa menjelaskan pihaknya melakukan klarifikasi apakah Eko masih melakukan kegiatan di luar tugas kedewanan secara full time atau tidak. Menurut politisi PDIP ini, beberapa anggota BK ada yang sempat melihat Eko Patrio tampil di beberapa acara televisi di antaranya dalam program 'The Promotor' di TransTV.

Meski demikian, kata Prakosa, dari hasil klarifikasi, kegiatan politisi PAN itu di televisi bukanlah kegiatan full time sehingga belum bisa dikategorikan pelanggaran etika. "BK hanya memperingatkan bahwa kegiatan itu bisa dianggap rangkap jabatan," ujarnya.

Selain itu, sambung Prakosa, anggota DPR yang tampil di acara lawak harus bisa menjaga norma-norma kepatutan. "Kita ingatkan ada batasan-batasan ketika menduduki jabatan. Kepala tidak boleh digini-ginikan, tidak boleh ngesot pakai pakaian babu," ujar Prakosa sambil mempraktikkan menekuk-nekuk kepalanya.
(nwk/nwk)