Wakil Ketua DPR: Menkes Semangat Perjuangkan Buruh Saat Didera Kanker

- detikNews
Rabu, 02 Mei 2012 13:29 WIB
Jakarta - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan kehilangan sosok mantan Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih yang telah meninggal dunia. Bagi dia, eks Menkes memperjuangkan nasib buruh meski kondisi kesehatannya menurun.

"Pertama kita ikut berduka cita atas meninggalnya Bu Menkes yang mitra kerja Komisi IX di bidang saya langsung. Kita doakan diterima di sisi Allah," kata Taufik Kurniawan dalam pesan singkat kepada wartawan, Rabu (2/5/2012).

Taufik mengenang hal-hal yang paling berkesan sebagai mitra kerja. Salah satunya, perjuangan Menkes selama pembahasan UU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Menkes masih sanggup rapat maraton di tengah kondisi kesehatannya yang menurun.

"Terutama yang kami berkesan pada saat dia tetap bekerja meskipun kondisi kesehatan kurang baik. Tetap mengikuti rapat Komisi IX mengenai UU BPJS. Itu adalah prestasi Beliau memperjuangkan buruh," ujar Taufik.

Setelah berjuang keras melawan penyakit kanker parunya yang sudah parah, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih akhirnya tutup usia di usia 57 tahun pada Rabu 2 Mei 2012 sekitar pukul 11.41 WIB.

(van/aan)