Cikarang Kondusif di May Day, Pengamanan Digelar Hingga Buruh Pulang

- detikNews
Selasa, 01 Mei 2012 17:56 WIB
Jakarta - Pantang pulang sebelum buruh pulang ke rumah masing-masing. Itulah komitmen jajaran kepolisian di Kabupaten Bekasi. Mereka ingin memastikan buruh aman hingga tiba di rumah masing-masing dan kondisi di Bekasi tetap kondusif.

"Masih berjalan pengamanan sampai mereka kembali," ujar Kapolres Kabupaten Bekasi, Kombes Wahyu, saat dihubungi detikcom, Selasa (1/5/2012).

Dia menjelaskan pengamanan demo buruh dilakukan dengan bekerja sama dengan Polda Metro Jaya. Sehingga bisa diturunkan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Polri dan TNI. "Jadi total gabungan 1.433 personel," imbuh Wahyu.

Terkait Barracuda yang disiagakan di dekat Tol Cikarang, menurut Wahyu, hal itu hanya untuk persiapan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun sejauh ini lalu lintas di tol lancar dan aman.

Sementara itu Kapolsek Cikarang Barat, Kombes Pol Zulham Effendy, menerangkan pihaknya menurunkan 450 personel. Setiap titik rawan telah dilakukan penjagaan, dan 80 persen aparat berkonsentrasi di Tol Cikarang. Syukurlah, menjelang petang situasi tetap konsudif.

"Dari 450 perusahaan kira-kira separuhnya meliburkan pegawainya," ujar Zulham.

"Kita juga menunggu massa dari Cikarang kembali ke Cikarang. Mereka kembali dan kita pastikan mereka pulang ke rumah masing-masing," imbuh Zulham.

(vit/nwk)