DetikNews
Minggu 29 April 2012, 13:55 WIB

Tanam Ribuan Pohon, Bupati OKI Terima Penghargaaan Internasional

- detikNews
Palembang - Dinilai berhasil menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan menanam pohon dalam jumlah besar bersama para pelajar, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan Ishak Mekki diganjar penghargaan internasional bertitel ENO Environment Gold Award.

Penghargaan ini diberikan pada acara 2nd ASIA OCEANIA ENO CONFERENCE di Mingdao School Taichung city, Taiwan, 23-28 April 2012, yang dihadiri undangan dari 11 negara yakni Taiwan ,India, Malaysia,
Thailand, Indonesia, Iran, Guatemala, Rumania, Filipina, Mongolia, dan Kenya.

\\\"Penghargaan ini diberikan karena Ishak Mekki melakukan penanaman pohon sebanyak 29 ribu pohon yang melibatkan para pelajar di Kabupaten OKI,\\\" kata Asisten I Pemkab OKI Edwar Candra dalam siaran persnya, Minggu (29\/04\/2012).

Selain Ishak Mekki, penghargaan serupa diterima Mayor Jason Hu, Walikota Taichung, Taiwan.

Ketua TP PKK Kabupaten OKI Tartilah Ishak, yang melakukan penanaman pohon bersama pelajar sebanyak 21 ribu, menerima penghargaan ENO Silver Award. Sementara Kabupaten OKI menerima penghargaan The Best Cultural Peformance.

Ishak Mekki mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan beranjak dari Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon (OBIT) yang dicanangkan pemerintah pusat.

Upaya gerakan itu diwujudkan dengan membuat program Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKKI Kabupaten OKI melakukan program Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GP-TTP).

\\\"Pelaksanaan program itu di Kabupaten OKI dilakukan sejak tahun 2009 melalui kerjasama antara Tim Penggerak PKK, Dinas Kehutanan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kegiatan ini terus berlanjut dan pada tahun 2011, telah dilaksanakan penanaman sebanyak 9.000 batang pohon mahoni dan trembesi di 36 Sekolah Dasar yang tersebar di 18 kecamatan,\\\" kata Ishak.

Guna memotivasi masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup, Tim Penggerak PKK Kabupaten OKI berkerjasama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Ogan Komering Ilir pada Tahun 2011 telah melaksanakan Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Wana Lestari Tahun 2011 dengan kategori Kelompok Tani Hutan\/Penghijauan (KTH\/KTP) dan Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM) di 18 Kecamatan dalam Kabupaten Ogan Komering Ilir.

ENO (Environment Online) merupakan organisasi lingkungan yang berbasiskan jaringan online. ENO berdiri tahun 2000 yang didirikan Mika Vanhanen seorang guru di Finlandia yang peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup. Kegiatan utama dari ENO, yakni menggalakkan penanaman pohon yang dikembangkan dengan kegiatan lingkungan lainnya, ENO ini mempunyai sasaran utama kepada anak-anak sekolah sehingga upaya penyelamatan lingkungan dapat dilakukan sejak dini.

ENO menarget menanam pohon sebanyak 100 juta batang pohon sampai tahun 2017. Upaya itu sangat memerlukan keterlibatan atau dukungan dari negara-negara di Asia, seperti Indonesia yang juga anggota ENO.



(tw/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed