DetikNews
Kamis 12 April 2012, 18:52 WIB

KPK Segera Periksa Gubernur Riau Rusli Zainal

- detikNews
KPK Segera Periksa Gubernur Riau Rusli Zainal
Jakarta - Selain melakukan pencegahan terhadap Gubernur Riau Rusli Zainal dan Kadispora Lukman Abbas, KPK memastikan akan memeriksa keduanya dalam waktu dekat. Keduanya diperiksa terkait penyidikan kasus suap PON 2012.

\\\"Tentu pada waktunya nanti akan kita panggil. Mereka kita cegah karena untuk kepentingan pemeriksaan,\\\" tutur Jubir KPK Johan Budi di kantornya, Jl Rasuna Said, Jaksel, Kamis (12\/42012).

Namun Johan belum mengetahui kapan Rusli akan dipanggil. \\\"Saya belum mendapat jadwalnya,\\\" papar Johan.

Sebelumnya, pihak Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM menyatakan surat permohonan pencekalan untuk dua nama itu telah sampai. Informasi pencekalan ini disampaikan oleh Wamenkum HAM Denny Indrayana, lewat pesan singkat, Kamis (12\/4\/2012).

\\\"Saya baru saja berkomunikasi dengan Ketua KPK Abraham Samad guna memastikan pencegahan ke luar negeri atas nama M Rusli Zainal (Gubernur Riau) dan Lukman Abbas (Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Prov Riau),\\\" katanya.

\\\"Pencegahan diminta melalui surat KPK nomor R-1380\/01-23\/04\/2012, tertanggal 10 April 2012. Pencegahan sudah efektif dan dilakukan untuk 6 bulan hingga 10 Oktober 2012,\\\" sambung Denny.

Sebagaimana diketahui, KPK telah menetapkan 4 orang sebagai tersangka kasus suap pembangunan venue tembak untuk PON XVIII. Mereka adalah, M Faisal Aswan, anggota Dewan yang tertangkap tangan menerima uang Rp 900 juta dari PT PP dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau. Tersangka kedua adalah Muh Dunir, selaku ketua tim pansus. Dua orang lagi masing-masing Eka dari Dispora dan Rahmad dari PT PP. Mereka kini ditahan di Mapolda Ri




(fjp/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed