Massa Konami Demo BBM Berbekal Tinja

- detikNews
Selasa, 27 Mar 2012 11:07 WIB
Jakarta - Polisi melarang pendemo anti kenaikan harga BBM membawa alat peraga binatang, foto yang melecehkan dan senjata. Tak hilang akal, massa Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia (Konami) membawa tinja!

"Kami bawa spanduk, poster, bendera dan tinja," kata Hendra Saputra dari Konami kepada detikcom, Selasa (27/3/2012).

Alasan mereka membawa tinja adalah karena alat peraga ini dinilai aman. Tinja yang lembek tidak akan melukai orang yang terkena lemparannya. Berbeda jika yang dilempar batu, maka bisa melukai.

"Tinja tidak membahayakan. Hasil analisa kami, tinja tidak bisa dikenakan pasal hukum karena tidak melukai," sambung Hendra.

Tinja hanya akan digunakan mahasiswa ini jika dalam kondisi terdesak. Jika aparat tidak bertindak represif, maka tinja itu tidak akan keluar dari 'persembunyiannya'.

"Selama ini pemerintah pun memberlakukan kita lebih dari itu (tinja). Rakyat ditembaki, aksi massa damai ditangkap, korupsi merajalela. Buat kami, ini ekspresi dari kekecewaan yang sangat tinggi," papar Hendra.

Konami akan longmarch dengan peserta mahasiswa dari berbagai kampus ke Istana Merdeka. Hendra mengklaim jumlah peserta sekitar 1.000 orang.

Peserta demo akan berkumpul mulai pukul 11.00 WIB. Massa akan bertolak ke Istana dari titik kumpul di Jalan Kimia, Menteng, Jakarta Pusat. Adapun rute longmarch yakni depan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta-Salemba-Kramat Kwitang-Tugu Tani- Gambir-Monas-Istana.

Aksi serupa akan dilakukan secara serentak di lebih dari 10 kota besar lain. "Untuk di Jakarta ada mahasiswa dari daerah seperti Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Banten, Bekasi dan lain-lain. Kami tidak akan pulang sebelum menang!" ucap Hendra.

(vit/nrl)