Pratikno Terpilih Sebagai Rektor UGM 2012-2017

- detikNews
Kamis, 22 Mar 2012 13:45 WIB
Yogyakarta - Prof Dr Pratikno terpilih menjadi rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2012-2017. Pratikno menjadi peraih suara terbanyak dalam pemilihan yang digelar oleh Majelis Wali Amanat (MWA) dengan 26 suara.

Sidang pleno MWA digelar di Balai Senat Gedung Pusat UGM di Bulaksumur Yogyakarta, Kamis (22/3/2012). Sidang dipimpin langsung oleh Ketua MWA Prof Dr Sofian Effendi.

Sebelum dilakukan pemilihan ketiga calon yakni Prof Dr Pratikno (Dekan Fakultas Fisipol), Prof Dr Marsudi Triatmodjo (Dekan Fakultas Hukum) dan Prof Danang Parikesit (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) menyampaikan visi dan misinya di hadapan anggota MWA. Anggota MWA seperti Sri Sultan Hamengku Buwono X dan mantan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto satu persatu menanyakan berbagai kepada semua calon.

Seusai memaparkan visi dan misi, semua nggota MWA melakukan pemilihan. Pratikno yang sejak pemilihan tahap sebelumnya oleh aanggota Senat Akademik (SA) dan Majelis Guru Besar (MGB) sudah unggul dibandingkam calon-calon lainnya.

Dalam pemilihan itu Pratikno memperoleh 26 suara, Marsudi Triatmodjo sebanyak 5 suara dan Danang Parikesit 1 suara. Saat penghitungan suara semua civitas akademik UGM menyaksikan dari layar televisi yang di pasang di Balairung UGM.

Setelah penghitungan akhir selesai dan Pratikno dinyatakan sebagai rektor terpilih periode 2012-2017. Pratikno akan menggantikan Prof Dr Ir Sudjarwadi.

Di Balai Senat Pratikno mendapat ucapan selamat dari berbagai pihak baik dosen, karyawan maupun anggota MWA.

"Kami berkomitmen ingin menyatukan seluruh stakeholder di UGM untuk membangun UGM," pungkas Pratikno.

(bgs/mad)