Jokowi Blusukan ke Kampung, Jelaskan Pencalonan DKI-1 ke Warga Solo

- detikNews
Rabu, 21 Mar 2012 13:09 WIB
Solo - Jokowi merasa perlu memberikan penjelasan kepada warganya di Solo mengenai pencalonannya di Pilkada DKI Jakarta. Tak cuma memberikan penjelasan, Jokowi juga bagi-bagi beras dan uang untuk warga di pemukiman padat Solo.

Jokowi duduk berbaur dengan puluhan warga di Kampung Bororejo RT 01/03, Kelurahan Jagalan, Solo. Pertemuan itu diadakan di bawah pohon serut yang cukup besar, persis di pinggiran sungai yang mengalir di tengah perkampungan padat penduduk tersebut. Jokowi duduk berdampingan dengan sejumlah tetua kampung, berhadapan dengan puluhan warga lainnya yang kebanyakan adalah anak-anak dan perempuan.

"Saya merasa perlu menjelaskan bahwa saya harus menjalankan tugas untuk mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta. Inilah hidup. Kadang-kadang memang tidak bisa memilih. Dulu saya memilih jadi tukang kayu, tapi malah dipilih jadi walikota. Sekarang malah ditugaskan nyalon gubernur, ya kita jalani saja. Kita serahkan kepada yang di atas," ujar Jokowi di hadapan warga.

Warga pun memberikan reaksi beragam. Ada yang menyatakan berat ditinggalkan tapi menyatakan mendukung langkah Jokowi. Ada pula yang berpesan agar penataan kaki lima dan air di Solo dapat diterapkan di Jakarta jika dia terpilih.

Tak cuma memberi penjelasan, Jokowi juga bagi-bagi beras dan uang. Karuan saja dia langsung diserbu warga. Berkali-kali dia harus membuka amplop berisi lembaran puluhan ribu, namun selalu saja ludes. Hingga dia meninggalkan lokasi, warga dan anak-anak masih terus merubungnya untuk mendapat bagian uang.

"Harus saya jelaskan agar warga tahu bahwa saya mendapat tugas dari partai. Biar enak. Biar nanti kita kesananya (menuju Jakarta) juga plong, karena langkah kita sudah dipahami ini. Saya juga akan keliling ke kampung lain untuk memberikan penjelasan yang sama," ujarnya kepada wartawan.

(mbr/try)