ADVERTISEMENT

Pengacara Rosa Pertanyakan Sikap LPSK

- detikNews
Minggu, 26 Feb 2012 09:50 WIB
Jakarta - Ahmad Rifai mempertanyakan sikap Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) yang terkesan tidak mendukung langkah kliennya, Mindo Rosalina Manulang, dalam pelaporan kasus korupsi.

"Jika Rosa melaporkan sesuatu, harusnya LPSK memberikan apresiasi," ujar Rifai kepada detikcom, Minggu (26/2/2012).

Rifai menilai, sikap LPSK justru terkesan membuat ketakutan Rosa. Rifai berharap, seluruh pihak bisa mendukung Rosa untuk membongkar korupsi yang dilakukan pejabat negara.

"Harusnya diberi rasa aman, bukannya justru membuat statment meninjau kembali. Ini sangat nggak masuk akal," lanjutnya lagi.

Rifai sendiri tidak terlalu mempermasalahkan jika nantinya LPSK akan menarik upaya perlindungan kepada Rosa. Ia yakin, jika tanpa LPSK saja, negara memiliki kewajiban untuk melindungi warganya. Rifai juga kembali menegaskan jika dirinya sudah mendapat surat kuasa dari Rosa untuk bertindak sebagai kuasa hukum.

Sebelumnya, LPSK mengancam akan mencabut perlindungan yang telah diberikan terhadap Rosa atas kasus Wisma Atlet tersebut. Alasannya, Rifai terlalu banyak bicara soal kasus sehingga membahayakan posisi Rosa.

Peninjauan ulang ini didasarkan perjanjian Rosa dengan LPSK. Yaitu orang yang di bawah perlindungan LPSK harus seizin LPSK jika berhubungan dengan pihak lain.

(mok/rvk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT