Fakta Sidang Ungkap Tamsil Linrung Dapat Fee Proyek Transmigrasi

- detikNews
Selasa, 07 Feb 2012 05:20 WIB
Jakarta - Wakil Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR), Tamsil Linrung, telah mendapat sejumlah uang terkait proyek Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (DPPID).

Fakta ini terungkap saat mantan pegawai Kementerian Keuangan, Sindu Malik Pribadi, bersaksi untuk Sesditjen P2KT, I Nyoman Suisnaya di Pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2012). Hal ini terbongkar setelah jaksa pada KPK memutar salah satu rekaman penyadapan Sindu dengan Kuasa Direksi PT Alam Jaya Papua, Dharnawati.

"Yang ke Tamsil Linrung itu sudah dipenuhi semuanya," kata Sindu menirukan ucapan Dharnawati.

Dalam rekaman itu, Sindu kembali mengingatkan Dharnawati soal 'kewajibannya' yang belum terpenuhi. Sindu menagih supaya Dharnawati juga menyelesaikan komitmen dengan dirinya.

Saat ditagih, Dharnawati terus menghindar. Pasalnya, ia baru akan melunasi separuh dari commitment fee sepuluh persen yang disepakati, jika proyek sudah pasti digarap perusahaannya.

"Saya komitmen dengan Pak Nyoman, kan setelah PMK (Peraturan Menteri Keuangan) saya dapat, sisa lima persen saya serahkan semua," jelas Dharnawati saat itu.

Rekaman ini disadap KPK pada tanggal 3 Agustus 2011 sekitar pukul 11.37 WIB. Durasi percakapan telepon ini sepanjang 4 menit 47 detik.

(mok/van)