DetikNews
Kamis 05 Januari 2012, 14:47 WIB

Pakai Bahan Daur Ulang, Mahasiswa UGM Raih Penghargaan Olimpiade Robot

- detikNews
Pakai Bahan Daur Ulang, Mahasiswa UGM Raih Penghargaan Olimpiade Robot
Yogyakarta - Tim robot Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih penghargaan dalam kompetisi Robot dunia \\\"The 13th International Robot Olympiad (IRO) 2011. Robot Quadcopter yang bernama Si Pitung dan Paijo itu berhasil memenangkan untuk kategori lomba Creative Robot yang digelar di Universitas Tarumanegara Jakarta, 15-17 Desember 2011 lalu.

Selain itu tim Gamaro UGM dengan robot Joko Klono juga meraih medali perak untuk kategori robot Indonesia. Robot humanoid itu dapat menarikan tarian tradisional khas Yogyakarta tari Klana Topeng.

\\\"Kami menang karena dua juri dari Cina dan Korsel itu memberikan apresiasi tinggi terhadap ciptaan kami yang menggunakan bahan-bahan recycle atau daur ulang,\\\" kata Christian Antonia, mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi (Elins) MIPA, UGM kepada wartawan di kampus Bulaksumur, Kamis (5\/1\/2012).

Menurut Christian beberapa bahan daur ulang yang digunakan di antaranya kawat alumunium jemuran, rangka baling-baling menggunakan besi tralis jendela serta bahan daur yang ada di sekitarnya. Dengan bahan daur ulang itu dewan juri memberikan nilai lebih kepada tim UGM.

Kelebihan lain dibandingkan tim dari 13 negara lainnya itu lanjut Christian adalah robot menggunakan konsep\/model robot baling-baling yang bisa naik turun seperti pesawat heli di kapal induk. Sedangkan peserta lain banyak menggunakan konsep robot darat atau robot air.

\\\"Konsep robot kapal induk itu memang masih jarang dipakai dan dinilai dewan juri sangat murah dari segi bahan yang recycle,\\\" kata Christian didampingi mahasiswa lainnya Andika Pramanta Yudha dan Rossena Karisma Rasul.

Dia mengatakan dalam IRO 2011 itu temanya \\\"Robot for Helping People from Natural Disaster\\\" yang diikuti 13 negara seperti Korsel, China, Malaysia, Kanada, AS, Singapura, Jepang, New Zealand, Filipina dengan 14 kategori. Tim UGM dengan robot bernama Quadcopter (Si Pitung) dan Explorer Bot (Paijo) berhasil meraih medali emas untuk kategori Creative Robot.

Menurutnya, Quadcopter merupakan robot terbang yang dapat membawa muatan berupa robot mobil yang dapat terbang ke lokasi titik bencana dan dapat memantau kondisi dari atas. Pada titik bencana robot Quadcopter akan menerjunkan robot mobil yang dapat menelusup di reruntuhan dan mendeteksi keberadaan korban.

Selanjutnya robot mengirimkan data lingkungan sekitar berupa suhu, konsentrasi gas beracun dll ke pusat pengendali yang berada jauh dari lokasi bencana. \\\"Tim SAR kemudian dapat mengetahui titik lokasi korban dan kondisi lingkungan sekitar,\\\" ungkap Christian.

Sementara itu Andhika menambahkan tim yang diberi nama Tim Boyo Instrument itu merupakan gabungan dua program studi S-1 yakni Elektronika dan Instrumentasi (Elins) dan Teknologi Informasi (TI) dengan tiga peserta inti yakni Rossena Karisma Rasula (Elins), Christian Antonia (Elins) dan Andika Pramanta Yudha (TI) dan enam anggota pendukung yakni Rangga Kurniawan (Elins), M. Zaim Abdillah (Elins), Eviyan Fajar Anggara (Elins), Firdhaus Azhar (Elins), Anggoro Wibisono (Elins) dan Latifah Noor (Elins).




(bgs/anw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed