Psikolog: Adil, Fans Berat Grace Natalie Alami Gangguan Jiwa

- detikNews
Rabu, 14 Des 2011 12:49 WIB
Jakarta - Pelaku penusukan kru tvOne, Adil Firmansyah Islami (27), diindikasikan mengalami gangguan kejiwaan. Fans berat presenter tvOne Grace Natalie ini suka tertawa sendiri dan mendengar bisikan-bisikan aneh.

"Memang ada indikasi gangguan. Dia ketawa-ketawa sendiri, ngomongnya nggak nyambung, seperti itu. Tapi ini perlu pendalaman lagi," kata Kepala Psikolog Polda Metro Jaya, AKBP Arif Nurcahyo, saat dihubungi wartawan, Jakarta, Rabu (14/12/2011).

Menurut dia, indikasi gangguan itu terlihat saat Adil berkomunikasi dengan lawan bicara. Adil lebih cenderung mendengarkan intuisinya.

"Dia mengenali kejadian yang di dalam meskipun dalam bicaranya dia senyum- senyum sendiri. Kemudian, mendengar bisikan-bisikan aneh, ada indikasi ke arah sana," papar Arif.

Adil cenderung mengalami depresi. Ia juga menunjukkan kecenderungan tipe obsesif kompulsif. "Salah satu indikasinya, dia ada ke arah obsesif kompulsif," ujarnya.

Rasa senangnya kepada presenter tvOne, Grace Natalie ia tunjukkan dengan mendengar bisikannya. Bisikan itu, yakni dengan meyakini persepsinya bahwa angka '1' pada logo tvOne merupakan lambang Ketuhanan yang tidak boleh digunakan.

"Dia memang menyukai Grace. Tapi satu sisi, dia benci tempat di mana Grace bekerja (tvOne). Ini unik dan akan kami dalami," kata Arif.

Adil menjalani pemeriksaan psikologi di Polda Metro Jaya pada Selasa (13/12) malam mulai pukul 20.00-11.30 WIB. Namun, pemeriksaan semalam baru sebatas latar belakang keluarganya saja.

"Hari ini, kami akan mendalami lagi dengan melakukan paper and pencil," kata Arif.

Adil ditangkap karena melakukan penusukan terhadap kamerawan tvOne, Dadang, saat melakukan syuting 'Apa Kabar Indonesia Malam' di Wisma Nusantara, Jl Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (11/12) malam lalu.

(mei/aan)