KPU Kota Yogya Tetapkan Walikota & Wakil Walikota Terpilih

- detikNews
Kamis, 29 Sep 2011 22:02 WIB
Yogyakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta berhasil menetapkan calon walikota dan wakil walikota periode 2011-2016. Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara pasangan Haryadi Suyuti-Imam Priyono berhasil memenangkan pemilukada Kota Yogyakarta.

Sidang pleno penetapan calon walikota dan calon wakil walikota terpilih, malam ini dimulai pada pukul 20.00 WIB dipimpin langsung Ketua KPU Kota Yogyakarta, Nasrullah. Tiga pasangan calon yakni pasangan nomor 1, Zuhrif Hudaya-Aulia Reza Bastian, nomor 2, Achmad Hanafi Rais-Tri Harjun Ismaji dan nomor 3, Haryadi Suyuti-Imam Priyono semuanya hadir. Sedangkan walikota Yogyakarta Herry Zudianto tidak hadir karena ada tugas di Jakarta.

Sebelum menetapkan, Ketua KPU Nasrullah membacakan hasil rekapitulasi perolehan suara secara keseluruhan yang telah dilakukan pada siang hingga sore hari. Total jumlah suara sah sebanyak 200.726 suara. Sedangkan suara tidak sah 8.017 suara. Jumlah pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di KPU sebanyak 322.872.

Pasangan nomer urut 1, Zuhrif Hudaya-Aulia Reza Bastian memperoleh 19.557 suara atau 9,7 persen. Pasangan nomer 2, Hanafi Rais-Tri Harjun Ismaji memperoleh 84.122 suara atau 41,9 persen. Pasangan nomer 3, Haryadi Suyuti-Imam Priyono memperoleh 97.074 suara atau 48,3 persen.

Karena ada dua pasang calon yang mendapatkan suara di atas 30 persen, maka pemilukada hanya satu putaran. Nasrullah kemudian menanyakan kepada peserta sidang pleno terbuka, apakah pasangan nomer 3 Haryadi Suyuti-Imam Priyono sah. Peserta kemudian secara serempak menyatakan sah. "Sah" jawab peserta dan langsung disambut tepuk tangan.

Usai pembacaan surat keputusan KPU, Haryadi Suyuti dan Imam Priyono menerima salinan surat keputusan tersebut. Namun sebelum maju menerima, mereka berdua kemudian mendatangi pasangan Hanafi Rais-Imam Priyono dan Zuhrif Hudaya-Aulia Reza untuk berjabat tangan dan berangkulan saling mengucapkan selamat.

Dalam pidato sambutannya, Haryadi menyatakan semua pasangan calon yang maju dalam pilkada bukanlah lawan. Namun lawan mereka adalah memerangi kebodohan, kemiskinan dan ketidakadilan. "Keputusan malam ini adalah kemenangan seluruh warga Kota Yogyakarta. Kita semua adalah satu untuk memajukan Kota Yogyakarta," kata Haryadi.

(bgs/irw)