TVOne Berharap Darsem Gunakan Uang Sumbangan Rp 1,2 M dengan Bijak

- detikNews
Jumat, 05 Agu 2011 17:47 WIB
Jakarta - TVOne berharap Darsem bisa menggunakan sumbangan pemirsa 'Koin untuk Darsem' lebih Rp 1,2 miliar dengan bijak. Uang yang awalnya untuk membantu menebus pembebasan Darsem dari hukuman pancung itu diharapkan bisa dimanfaatkan dengan benar.

"Kalau kami TVOne berharap menggunakannya untuk kemaslahatan keluarga yang bersangkutan. Kami juga berharap jangan berfoya-foya, sebaiknya untuk membangun keluarganya untuk lebih baik ke depan," kata GM News and Sports TVOne Totok Suryanto saat dihubungi detikcom, Jumat (5/8/2011).

Totok menjelaskan, awalnya TVOne membuat sumbangan untuk Darsem dengan terinspirasi dari 'Koin untuk Prita'. Dengan menggalang sumbangan, uangnya nanti bisa digunakan untuk membantu membayar diyat Darsem senilai Rp 4,7 miliar.

"Sebenarnya kita sudah pernah coba tawarkan uang itu ke Kemlu. Namun ternyata memang tidak boleh. Uang untuk diyat itu semua ditanggung pemerintah, jadi tidak perlu ada sumbangan," jelasnya. Alhasil, TVOne memberikan semua sumbangan itu kepada Darsem.

Nah ketika uang itu telah diberikan ke warga Subang itu, pihak TVOne sudah tidak ikut bertanggung jawab lagi. Sepenuhnya uang sumbangan dari pemirsa sudah disampaikan kepada Darsem. TVOne memberikan uang itu melalui rekening BRI yang dibuka atas nama Darsem.

"Kami tidak memantau penggunaannya untuk apa. Dan penggunaan uangnya tentu di luar tanggung jawab kami. Yang penting bahwa amanah itu telah sampai tanpa ada hal yang dikurangi," terang Totok.


(ndr/nrl)