Facebook Idrus Marham Jualan iPad & Blackberry dari Bea Cukai

- detikNews
Kamis, 28 Jul 2011 05:24 WIB
Jakarta - Akun facebook bernama Idrus Marham berisi penawaran alat-alat elektronik dari Bea dan Cukai. Benarkah akun facebook tersebut milik Idrus Marham Sekjen DPP Partai Golkar? Dan apakah akun facebook-nya tengah dibajak dedemit maya?

Dalam statusnya, akun facebook itu menawarkan barang-barang elektronik dari laptop hingga blackberry. Status itu diketahui di-posting sekitar pukul 21.00 WIB, Rabu (27/7/2011), kemarin. Ada 3 orang yang menyukai status tersebut, termasuk pemilik akun sendiri.

Dalam status itu, Idrus bercerita baru saja membeli laptop Apple Macbook Pro, Toshiba, dan iPad buatan asli Amerika Serikat (AS). Barang-barang tersebut dijual murah. Macbook Pro dijual Rp 3 juta per unit, Toshiba Rp 2,5 juta, dan iPad 2,5 juta.

Ditawarkan pula Blackberry jenis Onix dan Torch dengan harga cuma Rp 1,5 juta. Bila ada yang tertarik membeli, akan diberi nomor telepon seorang petinggi Bea dan Cukai. Lalu, di kolom komentar terdapat komentar Idrus yang menjelaskan lebih detil tentang barang yang ditawarkan.

"lihat saja foto barang dan bukti pengiriman brangnya di koleksi fotoku,sngaja ku upload untuk tman2 yg mau juga," lanjut akun yang mempunyai 4.997 teman itu.

Hingga kini belum diketahui apakah akun facebook tersebut benar-benar milik Idrus Marham, Sekjen Partai Golkar yang asli. Kuat dugaan pula, akun tersebut dibajak oleh seseorang yang tidak bertanggungjawab.

Di dalam akun itu memang terpasang foto Idrus. Sementara dalam profil disebutkan bahwa jabatannya adalah Sekjen DPP Partai Golkar, bekerja di DPR Construction Inc, tamatan SMA Pinrang dan Universitas Indonesia, tinggal di Jakarta, menikah, serta lahir tanggal 7 Juli di Pinrang, Sulawesi Selatan.

Tetapi, berdasarkan penelusuran detikcom, setidaknya ada 10 akun facebook dengan nama "Idrus Marham". Beberapa di antaranya juga terpasang foto Idrus dengan pose berbeda-beda, namun tidak semua memberikan biodata secara lengkap. Hanya satu akun yang profil dan jumlah temannya memiliki kemiripan dengan akun pertama, yaitu "Idrus Marham (Idrus Marham II)".

Idrus sendiri hingga kini belum dapat dikonfirmasi mengenai status yang berada di akun facebook itu. Saat detikcom mencoba menelepon, ia tidak mengangkat handphone-nya. SMS yang dikirim pun belum dibalas.

Menurut informasi, Idrus yang telah mengundurkan diri dari DPR baru-baru ini, tengah mendampingi Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie berkunjung ke Gorontalo.


(irw/irw)