DetikNews
Jumat 15 Juli 2011, 08:56 WIB

UI Juara Lomba Debat Australasia di Korsel

- detikNews
Jakarta - Universitas Indonesia (UI) berhasil menjadi juara the Australasian Intervarsity Debating Championship dalam kategori ESL (English assecond language). UI berhasil mengalahkan Universitas Hongkong di final kompetisi debat tersebut.

Dalam final kompetisi debat internasional ini, mahasiswa UI Riza Aryani (FISIP), Dimas Hokka Soebekti (Fakultas Teknik) dan Muhammad Subarkah Syafruddin (Fakultas Hukum) membahas topik pergerakan tenaga kerja di Asia Tenggara. Kompetisi digelar pada 13 Juli 2011 lalu di Korea Selatan.

\\\"Belum pernah ada tim Asia yang pernah menjuarai kategori umum pada turnamen prestisius ini, dan belum pernah ada tim Indonesia yang menjuarai kategori ESL dari the Australasians selain Universitas Indonesia,\\\" kata Juru bicara UI, Vishnu Juwono dalam rilisnya kepada detikcom, Jumat (15\/7\/2011).

Menurut Juwono, the Australasian adalah kompetisi debat kedua terbesar di dunia dengan peserta dari seluruh benua Asia dan Oceania. Semua tim harus mengikuti 8 ronde awal sebelum dapat melaju ke babak lanjutan umum atau ESL.

\\\"Kategori ESL adalah kategori yang khusus diikuti oleh tim-tim debat dari negara-negara yang tidak memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama,\\\" jelasnya.

Selain UI, Universitas Bina Nusantara dan Institut Teknologi Bandung juga ambil bagian dalam kompetisi ini. Pada 2009 UI juga pernah menjuarai kompetisi ini.




(did/ape)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed