Gubernur Sumbar Resmikan Rumah Makan Padang di New York

- detikNews
Selasa, 05 Jul 2011 23:07 WIB
Padang - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno akan berkunjung ke Amerika Serikat (AS) selama sepekan. Ada tiga agenda penting yang akan dilakoni orang nomor satu Sumbar tersebut di negeri Paman Sam itu. Salah satunya meresmikan Rumah Makan Padang di kota New York.

"Gubernur dan rombongan akan berangkat esok siang pukul 13.30 WIB melalui Bandara Internasional Minangkabau. Ada tiga agenda penting yang dibawa gubernur ke Amerika, yakni promosi potensi investasi dan wisata daerah, membuka peluang beasiswa bagi mahasiswa asal Sumbar, serta meresmikan satu Rumah Makan Padang di New York," ujar Kabiro Humas Pemprov Sumbar, Surya Budhi, kepada detikcom, Selasa (5/7/2011) malam.

Dikatakan Budhi, dalam kunjungan selama sepekan ke Amerika, gubernur Sumbar turut membawa serta istrinya Ny Nevi Irwan Prayitno, Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) serta seorang pejabat eselon III BPMD.

"Istri gubernur ikut ke Amerika menggunakan biaya pribadi, tidak menggunakan uang Negara. Jadi, tolong jangan ada anggapan seolah-olah kegiatan kunjungan itu hanya untuk menghamburkan uang Negara," kata Surya Budhi.

Surya Budhi menjelaskan, Sumbar merupakan salah satu dari empat daerah yang diundang secara resmi dalam kegiatan kunjungan tersebut oleh Badan Penanaman Modal Nasional untuk melakukan presentasi potensi investasi daerah di Amerika. Tiga daerah lainnya, masing-masing Maluku, Kalimantan Tengah, dan Jawa Barat.

"Soal meresmikan rumah makan Padang di New York, itu yang mengundang Bapak Dino Pati Jalal. Saya tidak tahu pasti siapa yang punya rumah makan itu, yang jelas inisiatornya Pak Dino," kata dia.

(yon/her)