ADVERTISEMENT

Hakim Agung Moegiharjo Meninggal Dunia di Australia

- detikNews
Selasa, 28 Jun 2011 16:39 WIB
Jakarta - Hakim Agung Moegiharjo meninggal dunia saat melaksanakan tugas di Canberra, Australia. Namun, pihak Mahkamah Agung (MA) tidak memberikan keterangan lebih detail atas meninggal dunianya hakim yang menolak kasasi Antasari Azhar ini.

"Telah berpulang ke Rahmatullah, Hakim Agung Bapak Moegiharjo pada Selasa, 28 Juni 2011 di Canberra Australia dalam melaksanakan tugas," kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Nurhadi dalam pesan singkat yang diterima wartawan, Selasa (28/6/2011).

Hakim Moegiharjo merupakan hakim agung yang cukup senior. Di tangannya, dia memegang perkara besar. Seperti menolak perkara kasasi yang diajukan oleh Antasari Azhar. Moegiharjo juga yang menolak perkara SKPP kasus Bibit-Chandra terkait permohonan praperadilan yang diajukan Anggodo Widjojo. Majelis Hakim Agung yang diketuai Imran Anwari dengan anggota Komariah Emong dan Moegiharjo menyatakan permohonan peninjauan kembali (PK) Kejaksaan Agung tidak dapat diterima.

Lewat Moegiharjo pula, Jaksa Urip Tri Gunawan tetap dihukum 20 tahun penjara. Namun, lewat Moegiharjo lah, Hakim PT TUN Jakarta penerima suap, Ibarhim dikurangi putusannya. Ibrahim mendapat keringanan hukuman dari 5 tahun penjara menjadi 3 tahun penjara.

"Penurunan vonis itu dilandasi atas alasan kemanusiaan. Sebab, Ibrahim selama menderita gagal ginjal serius dan harus menjalani cuci darah setiap minggunya," ujar Moegiharjo dalam putusannya.

(asp/anw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT