Calon Incumbent Menang Telak di Pemilukada Seram Bagian Barat

- detikNews
Senin, 16 Mei 2011 22:18 WIB
Ambon - Perhelatan Pemilukada di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, tampaknya juga bakal berlangsung satu putaran. Hasil hitung cepat Jaringan Suara Indonesia (JSI) menempatkan pasangan Jacobis Puttileihalat-Muhammad Husni (Bob-Husni) unggul telak 39,95 persen atas lima pasangan lainnya.

Bob-Husni adalah pasangan yang diusung oleh Partai Golkar, Demokrat, PPP, PAN, PNI Marhains dan PPPI. Sementara Parta Gerindra, Hanura, PDPI, PDK, PPPI dan PPRN yang mengusung La Kadir-Roberth Souhaly (Nurany) membuntuti di tempat kedua dengan memperoleh 19,51 persen suara.

Berikutnya, pasangan PDI-P, PKS dan PBB, Irwan La Aru-Hanock Mandaku (Iman), meraih 16,9 persen, lalu menyusul pasangan M Yasin Payapo-La Nurdin (Yanuar) usungan Partai Hanura, PPRN, PBR dan Republikan dengan capaian 11,74 persen suara.

Satu-satunya pasangan lewat jalur independen Jan Haumase-Sahlan Heluth meraih 7,05 persen. Pasangan lainnya Nurdin Mony–Ruben Turukay diusung PKPB, Pelopor, Partai Buruh, Kedaulatan, PNBKI, PIS, PPNUI dan Barnas, menempati peringkat kelima dengan raihan suara 5,86 persen.

Direktur Riset JSI Eko Kusmayadi kepada wartawan mengatakan, hasil ini berasal dari 250 TPS yang dijadikan sampel dari total 355 TPS dengan margin error 1 persen. Isu korupsi yang menimpa Jacobus tidak mampu mengalahkan dukungan rakyat terhadapnya.

"Isu tersebut hanya main di kelompok menengah ke atas. Sementara pada kelompok masyarakat bawah isu ini tidak seksi dan berpengaruh terhadap tingkat kesukaan terhadap pasangan ini," tutur Eko.

Pengumuman hasil hitung cepat berlangsung Senin (16/5/2011) di Manise Hotel, Ambon. Sementara pihak KPUD SBB, belum bisa menyampaikan hasilnya karena perhitungan juga belum dilakukan.

Kapolres SBB, AKPB Sumaryono, kepada detikcom mengatakan, hingga kini kondisi keamanan di SBB aman. "Hingga malam ini, kondisi di kabupaten SBB masih aman. Dan kami terus melakukan pemantauan terhadap kondisi," ujarnya.

(han/irw)