Polri Belum Perlu Periksa Rio Mendung Thaleb Terkait Kasus Malinda

- detikNews
Rabu, 13 Apr 2011 11:30 WIB
Jakarta - Mabes Polri menilai Komisaris Utama PT Sarwahita Group Management Marsdya Rio Mendung Thaleb tidak terkait dengan kasus pencucian uang Malinda alias Inong Melinda Dee. Polri pun belum merasa perlu untuk memeriksa Rio.

"Penyidik belum memeriksa beliau karena tidak ada kaitannya," kata Kadivhumas Polri Irjen Pol Anton Bachrul Alam di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Rabu (13/4/2011).

Rio menjabat Komisaris Utama PT Sarwahita Group Management sejak Oktober 2010. Sementara, kasus dugaan pencucian uang yang dilakukan Malinda terjadi sebelum Rio menjabat.

"Itu (kepengurusan) kan yang dulu," jelas Anton.

Rio saat ini menjabat Wakil Gubernur Lemhanas. Polri menyebut Rio memiliki 6.000 lembar saham PT Sarwahita yang kemudian dijual kembali 4.000 lembar saham sehingga sisa 2.000 lembar saham. Jabatan Rio di PT Sarwahita dinilai Komisi I melanggar UU TNI. Karena anggota TNI aktif dilarang berbisnis.

Rio Mendung dalam jumpa pers membantah telah berbisnis di PT Sarwahita. Ia mengaku hanya menjabat penasehat perusahaan dan tidak menyerahkan modal.

"Jadi begini, sejak oktober 2010 itu saya diminta masuk ke dalam organisasi itu. Awalnya saya diminta sebagai penasihat, karena modal saya hanya pemikiran, knowledge, experience, saya nggak modal apa-apa itu yang saya berikan," cerita Rio.

Rio juga memastikan, tidak pernah mengeluarkan duit sepeser pun untuk perusahaan itu.

"Saya tidak mengeluarkan apa-apa dan tidak memberikan modal apa-apa. Saya hanya modal pemikiran saya tentang apa yang difokuskan mengenai green energy (yang merupakan fokus perusahaan itu). Saya tidak berikan uang, modal dan tidak mendapatkan juga," tegas Jenderal Bintang Tiga TNI Angkatan Udara ini.

(ape/ndr)