Pendiri Partai Keadilan: Dana Awal PKS Dari Timur Tengah

- detikNews
Kamis, 17 Mar 2011 14:35 WIB
Jakarta - Pendiri Partai Keadilan (PK) cikal bakal PKS, Yusuf Supendi, yang sudah dipecat dari PKS mengungkap rahasia sumber dana PKS. Mayoritas sumber dana untuk kegiatan PKS, disebutkannya berasal dari Timur Tengah.

"Sumber dana PKS besar-besaran dari Timur Tengah, negara teluk. Itu fakta sejarah," ujar Yusuf usai melapor ke BK DPR, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (17/3/2011).

Menurutnya, pada waktu PKS berdiri, waktu itu namanya Partai Keadilan, gencar mencari dana ke Timur Tengah. Kala itu PKS belum menjadi partai kaya raya seperti sekarang.

"PKS itu Partai Keadilan sekaligus Partai Sejahtera. Jadi waktu partai keadilan memang cari dana dari luar. Itu juga sampai sekarang," tuturnya.

Yusuf menuturkan, PKS membawa ajaran Ikhwanul Muslim. Sekalipun partai ini tidak sepenuhnya mengaplikasikan hal tersebut.

"Kalau sejarahnya memang Ikhwanul Muslim tapi kesini sudah tidak. Jadi jalan PKS tidak sepenuhnya berubah dari jalurnya," tuturnya.

Namun Yusuf tak mau mengungkap apa kepentingan negara Timur Tengah yang disisipkan melalui PKS.
"Kader PKS itu urusan beribadah lebih hebat dari yang lain, soal interaksi wanita lebih hebat dari yang lain, tapi soal uang juga kader PKS lebih hebat dari yang lain," tutur Yusuf.

Sebelumnya petinggi PKS melawan tudingan Yusuf. Apa yang dilakukan Yusuf disebut sebagai fitnah. Dia sakit hati karena dipecat dari PKS.

"Itu fitnah," kata Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminudin saat dihubungi wartawan, Kamis (17/3/2011).

Hal senada juga ditegaskan Wasekjen PKS Mahfudz Siddik. "Pak Yusuf sudah dipecat dari PKS setahun yang lalu karena sejumlah pelanggaran berat. Beliau memang salah satu dari beberapa pendiri PKS mungkin sedang sakit hati," tegas Mahfudz.

(van/ndr)