Kemenangan Malaysia Jadi Headline Media di Negeri Jiran

- detikNews
Kamis, 30 Des 2010 09:48 WIB
Kuala Lumpur - Keberhasilan Timnas Malaysia merebut Piala AFF 2010 menjadi headline seluruh media nasional Negeri Jiran tersebut. Semuanya memuat gambar besar ketika tim berjuluk 'Harimau Malaya' ini sedang berpesta sambil mengangkat piala paling bergengsi di Asia Tenggara.

Pantauan detikcom, Kamis (30/12/2010), Koran Utusan Malaysia menurunkan headline "Tabik Malaysia". Koran nasional terbesar di Malaysia itu menuliskan "Malaysia menempa sejarah apabila muncul sebagai juara Piala Suzuki AFF buat pertama kali dalam tempo 14 tahun selepas menewaskan Indonesia dengan agregat 4-2 walaupun kalah 1-2 pada final kedua di Stadium Bung Karno, Jakarta".

Koran nasional lainnya, Berita Harian juga memuat di halaman depan satu halaman penuh gambar kemenangan itu dengan judul besar "Malaysia Hebat". Hal yang sama juga termuat di harian Metro dengan judul besar "Garuda Makan Asap. Indonesia Menang, Tapi Malaysia Juara".

Sedangkan koran popular Kosmo menurunkan headline "Kita Juara", dan koran berbahasa Inggris The Star menuliskan "The Cup is Ours!".

"Teriakan 'Malaysia Boleh' menggema di seluruh negara, mulai dari rumah-rumah, restoran mamak (india muslim), pub, ladang, hingga dunia maya menyusul keberhasilan 'Sang Harimau' membawa pulang AFF Suzuki Cup untuk pertama kalinya dalam 21 tahun," tulis The Star.

PM Malaysia Datuk Seri Najib Razak menyatakan kegembiraannya. "Saya berasa begitu gembira dan bangga atas kejayaan yang diraih oleh pasukan muda Malaysia. Syabas kepada juara Piala Suzuki 2010!," ujar Najib sebagaimana ditulis Berita Harian.

Tidak saja media cetak, seluruh stasiun televisi Malaysia juga menayangkan berita dan ulasan peristiwa kemenangan Harimau Malaya tersebut sejak pagi.

(rmd/mok)